Waduh, Rupiah Termasuk 10 Mata Uang Paling Rendah Sedunia Selama tahun 2021

- 18 Desember 2021, 05:42 WIB
Ilustrasi uang. Rupiah termasuk mata uang Dengan nilai terendah
Ilustrasi uang. Rupiah termasuk mata uang Dengan nilai terendah /Unsplash/Mufid Majnun/

JURNAL SOREANG – Umumnya, orang tak mau tahu nilai mata uang paling rendah sedunia. Mereka hanya ingin tahu nilai mata uang paling kuat dan stabil.

Nilai mata uang paling rendah dipandang sebelah mata. Walau begitu, adanya nilai mata uang paling rendah di dunia ini memang tak dapat dipungkiri.

Dikutip Jurnal Soreang dari fxssi.com, Jumat, 17 Desember 2021, inilah sepuluh mata uang dengan nilai paling rendah sedunia.

1. Mata uang paling rendah pertama di dunia adalah Venezuelan Bolivar (VES). Pasalnya, mata uang ini mengalami inflasi tertinggi akibat pandemi Covid-19, sehingga nilainya menjadi rekor terendah pada 2020. Bayangkan, 1 USD setara dengan 4,000,815 VES.

Baca Juga: Waduh! Tuyul Bukan Satu-satunya Makhluk Gaib yang Bisa Curi Uang, Ternyata Ada Dua Makhluk Lain

2. Mata uang paling rendah kedua di dunia Rial Iran (IRR). Mata uang ini mulai mengalami devaluasi pada 1979, pasca Revolusi Islam ketika banyak pelaku bisnis meninggalkan negara ini mengingat situasi yang tidak pasti.

Kemudian diperparah oleh Perang Iran-Irak, dan sanksi ekonomi karena program nuklir negara tersebut.

Pemerintah Iran juga membatasi akses ke mata uang asing bagi warganya, yang menyebabkan peningkatan pasar gelap kian signifikan. Semua ini merusak ekonomi dan mendevaluasi mata uang hampir 400%.

Pada 2015, pemerintah Iran setuju untuk menandatangani perjanjian nuklir dengan AS, Prancis, Inggris, China, Rusia, dan Jerman untuk mitigasi sanksi. Ini memperbaiki situasi dan menstabilkan mata uang lokal.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x