Harga Minyak Goreng Makin Melambung, Harusnya Pemerintah Prioritaskan Produksinya untuk Dalam Negeri

- 8 Desember 2021, 10:10 WIB
Harga Minyak Goreng Makin Melambung, Harusnya  Pemerintah Prioritaskan Produksi Minyak Goreng untuk Kepentingan Dalam Negeri
Harga Minyak Goreng Makin Melambung, Harusnya Pemerintah Prioritaskan Produksi Minyak Goreng untuk Kepentingan Dalam Negeri /Yoga mulyana/

JURNAL SOREANG- Pemerintah harus berani untuk menetapkan kuota tertentu dari produksi CPO (Crude Palm Oil)  nasional atau minyak goreng dari kelapa sawit untuk kepentingan domestik (dalam negeri).

Hal ini untuk memastikan agar produksi minyak goreng domestik  mendapatkan proporsi kuota CPO yang lebih murah dari standar pasar dunia.

"Hal tersebut penting dilakukan sebab harga minyak goreng di pasaran domestik terus melambung akibat meningkatnya permintaan minyak nabati di pasar internasional," ujar wakil rakyat asal NTB, Johan Rosihan, Rabu 8 Desember 2021.

Baca Juga: Mendesak! Pemenuhan Kebutuhan Minyak Goreng Dalam Negeri, Harganya Kini Tak Terkendali

Dia menekankan ini hal tersebut  salah satu alternatif solusi untuk mengatasi mahalnya harga minyak goreng di pasaran. "Indonesia sebagai negara produsen minyak sawit (CPO) terbesar di dunia dengan pertumbuhan rata-rata 3,61% per tahun,  namun disesalkan ternyata pabrik-pabrik minyak goreng tidak memiliki integrasi dengan produsen CPO," katanya.

Dampaknya pabrik minyak godeng harus membeli CPO  sesuai dengan harga pasar lelang dalam negeri, yang juga terkorelasi dengan harga pasar internasional. "Sehingga naiknya harga CPO berimplikasi naiknya harga minyak goreng," urai Johan. 

Untuk mengatasi melambungnya harga minyak goreng, Johan mendorong pemerintah segera membuat kebijakan untuk menurunkan harga bahan baku utama minyak goreng sehingga berdampak akan menurunkan biaya produksi dan akan berimplikasi menurunkan harga jual minyak goreng di dalam negeri.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Terus Meroket Hingga Lebih Dari Rp 17.500 per Liter, Begini Nasib Pedagang Gorengan

"Saya minta pemerintah prioritaskan produksi CPO nasional untuk kepentingan dalam negeri dengan berbagai kebijakan dan intervensi agar bahan baku minyak goreng harganya lebih rendah dari standar pasar dunia," ujar Johan.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah