Harga Pangan Impor Jauh Lebih Murah daripada Pangan Lokal, Ini Buktinya

- 29 September 2021, 21:01 WIB
ILUSTRASI buah impor yang mendominasi pasar Indonesia karena harganya lebih murah
ILUSTRASI buah impor yang mendominasi pasar Indonesia karena harganya lebih murah /CANVA/

JURNAL SOREANG- Ketua Umum Petani Nelayan seluruh Indonesia (PPNSI), drh. Slamet menyatakan, Indonesia memiliki luas wilayah laut sebesar 5,8 juta km2 dengan rincian 3,1 juta km2 merupakan laut tertorial dan 2,7 juta km2 merupakan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI).

Indonesia juga memiliki 17.504 pulau dan yang telah diberi nama (toponimi) dan telah diverifikasi oleh PBB sebanyak 16.056 pulau.

"Posisi geoekonomi dan geopolitik wilayah laut Indonesia sangat strategis, dengan  45% dari seluruh barang dan komoditas yang diperdagangkan di dunia dengan nilai US$ 1.500 trilyun/tahun diangkut melalui ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) (UNCTAD, 2012)," kata Slamet.

Baca Juga: Panen Padi di Sumbawa, Wakil Rakyat Ini Tegaskan Tidak Ada Alasan bagi Pemerintah Lakukan Impor Beras

 Hanya masalahnya biaya logistik di Indonesia sangat mahal meski Indonesia negara kepulauan.

"Data bank dunia indeks performa logistik Indonesia menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17 peringkat dari semula diposisi 63 pada tahun 2016 menjadi di posisi 46 pada tahun 2018," katanya.

Namun angka peningkatan performa logistik Indonesia belum diimbangi dengan penurunan biaya logistik. Biaya logistik Indonesia pada 2020 masih mencapai 24% dari PDB, masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain di ASEAN seperti Vietnam (15%), Thailand (13,2%), Malaysia (13%) dan Singapura (8,1%).

Baca Juga: Kementan dan Komisi IV DPR RI Tolak Impor Beras dalam Tiga Tahun Terakhir

"Menurut Indonesia Multimodal Transport Association (IMTA) pembangunan infrastruktur yang dibangun saat ini belum banyak dirasakan karena biaya pengiriman barang antar daerah masih melalui mekanisme yang panjang dan berbiaya mahal," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x