Dongkrak Pasar Baru UMKM, Kemendag Gaet Facebook, Diharapkan UMKM Tumbuh Saat Pandemi

- 22 April 2021, 20:41 WIB
Ilustrasi media sosial Facebook. Kementerian Perdagangan menggandeng FB untuk UMKM.
Ilustrasi media sosial Facebook. Kementerian Perdagangan menggandeng FB untuk UMKM. /REUTERS/Dado Ruvic

JURNAL SOREANG-Kementerian Perdagangan dan Facebook di Indonesia kembali berkolaborasi melalui kampanye #TumbuhdiFacebook.Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung akselerasi transformasi dan kemampuan digital para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar mereka dapat terus bertumbuh.

"Kolaborasi ini merupakan bentuk konkret kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta untuk mendukung para pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital sebagai platform utama kegiatan bisnis mereka, terlebih untuk menembus pasar ekspor," jelas Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, sebagaimana dikutip dari laman kemendag.go.id,  Rabu, 21 April 2021.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan teknologi digital oleh pelaku UMKM dapat membuka peluang untuk terus mengembangkan usaha mereka dan juga merambah pasar baru, baik domestik maupun mancanegara.

Menjadi salah satu sektor yang terkena dampak pandemi Covid-19, UMKM diharapkan tetap bertahan dan berkembang.

Baca Juga: UMKM Didorong Naik Kelas dari Penjual Lokal Jadi Penyuplai Global

Mendag Lutfi menuturkan, di awal pandemi, pendapatan UMKM turun drastis, bahkan tak sedikit yang harus gulung tikar. Padahal, UMKM berperan penting sebagai salah satu penggerak utama roda perekonomian yang paling penting.

"Di masa pandemi Covid-19, seluruh pelaku UMKM harus dapat menyesuaikan kegiatan bisnisnya dengan mengadopsi teknologi digital serta memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp," tambahnya.

Mendag Lutfi melanjutkan, berkat adaptasi tersebut, UMKM mulai pulih dan berkembang secara berangsur-angsur. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi ini, pihaknya mengedukasi konsumen dan pemilik usaha untuk menciptakan interaksi bisnis yang baik dan aman melalui kampanye #AmanBelanjaOnline.

Baca Juga: IIMS Hybrid 2021, Presiden Jokowi Prioritaskan UMKM dan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Bidang Otomotif

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: kemendag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x