Tanggal Berapa Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Cek Jadwal Awal Bulan Dzulhijah dan Amalannya!

- 29 Mei 2024, 20:30 WIB
Jadwal puasa Arafah 2024 lengkap bacaan niat, tata cara, hingga keutaman
Jadwal puasa Arafah 2024 lengkap bacaan niat, tata cara, hingga keutaman /Freepik/

JURNAL SOREANG - Tanggal berapa jadwal puasa Arafah dan Tarwiyah? Kedua puasa sunah tersebut dijadwalkan pada Bulan Dzulhijah. 

Bulan Dzulhijah 2024 atau 1445 H akan segera tiba, artinya umat Muslim akan segera menemui Hari Raya Idul Adha. 

Sebelum Hari Raya Idul Adha atau Lebaran haji, ada hari hari dimana diutamakan melaksanakan amalan ibadah, diantaranya adalah Tarwiyah dan Arafah. 

dianjurkan melaksanakan puasa, sebab jika melaksanakannya di hari tersebut, makan seorang Muslim akan mendapatkan keutamaan. 

Sejak awal Bulan Dzulhijah, yaitu mulai tanggal 1 hingga sepuluh menjadi sebaik-baiknya waktu melaksanakan amalan dan ibadah. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW berikut ini:

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah 2024? Cek Jadwalnya di Bulan Dzulhijah, Niat hingga Keutamaannya

ا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

 

"Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”

Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan tanggal 9 Dzulhijah, sedangkan tarwiyah satu hari sebelum tanggal tersebut atau tanggal 8. 

Halaman:

Editor: Nasichatul Ma'Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub