Profil dan Kisah Joko Susanto Membangun Kesuksesan Alfamart dari Nol

Aah
- 6 Januari 2024, 06:21 WIB
Profil dan Kisah Joko Susanto.
Profil dan Kisah Joko Susanto. /Youtube/

JURNAL SOREANG - Joko Susanto, sosok di balik kesuksesan jaringan minimarket terkemuka di Indonesia, Alfamart, telah menorehkan sejarah bisnis yang menginspirasi. Sebagai pendiri dan pemilik Alfamart, Joko Susanto bukan hanya menjadi salah satu pengusaha terkaya di Indonesia tetapi juga mencatatkan namanya dalam jajaran pengusaha terkemuka di dunia bisnis.

Lahir dan Tumbuh dalam Semangat Bisnis

Joko Susanto, lahir pada 9 Februari 1950, membawa nilai-nilai karakter kuat dari keluarganya. Meskipun berdarah Cina, Joko tetap mempertahankan semangatnya dalam mengembangkan kemampuan bisnisnya.

Namun, perjalanan pendidikannya terhenti saat pemerintah Indonesia melarang siswa dengan nama Cina bersekolah. Meski demikian, hal tersebut tidak mematahkan semangat Joko untuk terus mengembangkan kemampuannya.

Baca Juga: Bupati Bandung dan BAZNAS Kabupaten Bandung Serahkan Santunan Anak Yatim Piatu, Ini Bentuknya

Dari Pengelola Warung Kaki Lima ke Raja Ritel Indonesia

Pada usia 17 tahun, Joko Susanto sudah mengelola lebih dari 506 warung kaki lima milik orangtuanya di pasar Arjuna, Jakarta. Sifat pekerja kerasnya dan jiwa bisnis yang melekat membuatnya terus mengembangkan usaha warung tersebut. Kisah sukses Joko menarik perhatian Taipan rokok Kretek Putera Sampoerna, dan kemitraan ini membawa pada pendirian Alfamart.

Kemitraan Sukses dan Transformasi Bisnis

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x