Memanfaatkan Psikologi Pemasaran: 7 Trik Jualan Tanpa Merubah Harga Produk

- 9 November 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi, Memanfaatkan Psikologi Pemasaran: 7 Trik Jualan Tanpa Merubah Harga Produk/freepik/ KamranAydinov
Ilustrasi, Memanfaatkan Psikologi Pemasaran: 7 Trik Jualan Tanpa Merubah Harga Produk/freepik/ KamranAydinov /

JURNAL SOREANG - Pemasaran adalah seni mempengaruhi konsumen agar memilih produk atau layanan tertentu. Di balik setiap kampanye pemasaran yang sukses terdapat strategi psikologi yang kuat. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh trik pemasaran yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan tanpa harus mengubah harga produk Anda. Mari kita bahas satu per satu dengan contoh:

Framing Effect: Efek framing adalah cara presentasi informasi yang mempengaruhi cara orang memandang suatu masalah. Misalnya, bayangkan sebuah iklan televisi yang menjual sabun cuci piring. 

Baca Juga: Berkaca dengan Kejadian Enuh Nugraha, Ini Rencana Ketiga Capres Pemilu 2024 soal Kesehatan Mental

Sebagai alternatif untuk mengatakan "Produk kami lebih murah," iklan tersebut menyajikan informasi dengan cara yang berbeda: "Dengan produk kami, Anda bisa menyelamatkan lebih banyak uang setiap bulan."

Anchoring Effect: Efek anchoring adalah keteguhan pertama yang muncul di pikiran seseorang ketika membuat keputusan. Misalkan Anda menjual perangkat elektronik dan ingin menarik perhatian konsumen terhadap produk yang paling mahal.

Sebuah iklan bisa dimulai dengan menampilkan produk terbaru yang sangat mahal, dan kemudian menawarkan produk yang lebih terjangkau dengan harga yang tampak lebih murah dalam perbandingan.

Loss Aversion: Orang cenderung menghindari kerugian daripada mencari keuntungan. Anda dapat menggambarkan ini dalam penawaran diskon dengan mengatakan, "Hanya satu hari lagi, jangan lewatkan diskon 20% ini sebelum kesempatan berharga ini hilang!" Ini menggarisbawahi kerugian yang akan dialami pelanggan jika mereka melewatkan kesempatan itu.

Halaman:

Editor: Yoga Mulyana

Sumber: umkmindonesia.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x