Presiden Jokowi Buka ASEAN Business Investment Summit 2023, Begini Pesannya yang Sangat Penting

- 4 September 2023, 11:32 WIB
Buka ASEAN Business and Investment Summit 2023, Jokowi: ASEAN Berhasil Membuktikan Sebagai Kawasan Damai
Buka ASEAN Business and Investment Summit 2023, Jokowi: ASEAN Berhasil Membuktikan Sebagai Kawasan Damai /Dok. Setneg.go.id/

JURNAL SOREANG- Presiden Joko Widodo secara resmi membuka ASEAN Business and Investment Summit 2023 yang digelar pada Jumat, 1 September 2023 di Istana Negara, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan  ASEAN telah berhasil membuktikan diri sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 4,5 persen dari tahun ke tahun atau _year on year_ (YoY).

“ASEAN juga menjadi kawasan paling menarik bagi FDI, _foreign direct investment._ Di tahun 2022, 17 persen FDI masuk ke ASEAN. Ini juga tertinggi dibanding kawasan-kawasan berkembang lainnya,” kata Presiden.

 

Di samping itu, Presiden mengatakan saat ini ASEAN juga sedang menikmati bonus demografi dengan mempunyai angkatan kerja ke-3 terbesar di dunia. Menurutnya, populasi kelas menengah ASEAN berpotensi mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2030.

“65 persen populasi berpotensi nantinya menjadi kelas menengah di tahun 2030. Ini kita harus tepuk tangan karena ini semua adalah modal besar ASEAN untuk mencapai cita-cita menjadi _epicentrum of growth,”_ ucapnya.

Meski demikian, Presiden mengingatkan agar ASEAN terus memperkuat kolaborasi baik antarnegara maupun antarmasyarakat dalam menghadapi ketidakpastian global yang masih terjadi.

Baca Juga: KTT ASEAN ke 43 Presiden Joko Widodo Akan Lakukan 13 Pertemuan Bilateral

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x