OJK: Tidak Cukup Banyak Ide Saja, Pelaku UMKM Juga Harus Bisa Terus Berinovasi

- 30 Agustus 2023, 16:11 WIB
Friderica Widyasari, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan.  /Instagram @fridericawidyasari
Friderica Widyasari, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan.  /Instagram @fridericawidyasari /

JURNAL SOREANG - Dalam rangka meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggarisbawahi bahwa memiliki banyak ide bisnis saja tidak cukup.

Pelaku UMKM juga harus mampu terus berinovasi guna mengatasi tantangan dan meraih kesuksesan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari, dalam acara LIKE IT (Literasi Keuangan Indonesia Terdepan) #2 "UMKM Maju Investasi Tumbuh" yang berlangsung di Kalimantan Barat.

Baca Juga: Kendati Gagal Jadi Juara AFF U-23, Erick Thohir Tetap Berikan Perlakuan Berikut Pada Para Penggawa Garuda Muda

Friderica Widyasari mengungkapkan, "Apa sih challenge-nya dari UMKM di Indonesia? Yang pertama adalah rendahnya kapasitas UMKM itu sendiri. Idenya banyak, tapi mungkin secara inovasinya juga kurang."

Salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan sumber daya manusia, yang sering kali menjadi hambatan dalam mengembangkan ide-ide kreatif.

Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik juga perlu terus didorong agar UMKM bisa tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia U 17, Siapa Saja yang akan Main di Laga Kontra Korea Selatan? Ini Line Up-nya!

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah