Timbulkan Kemacetan! Indonesia Duduki Peringkat 11 Dunia Produksi Kendaraan Bermotor

- 11 Agustus 2023, 12:18 WIB
Sejumlah mobil baru terparkir di pabrik otomotif di Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin 15 Mei 2023 lalu.
Sejumlah mobil baru terparkir di pabrik otomotif di Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin 15 Mei 2023 lalu. /Antara

JURNAL SOREANG - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan Indonesia menduduki peringkat 11 dunia dalam memproduksi kendaraan bermotor.

"Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11 sementara untuk penjualan domestik Indonesia berada di posisi ke-14," ucap Nangoi dalam pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Mengutip data Gaikindo, Indonesia pada tahun 2022 lalu memproduksi 1.470.146 unit kendaraan bermotor.

Baca Juga: Diprediksi Akan Terjadi Musim Kemarau Pada November 2023, Ini Himbauan Pemda Pulau Morotai Serta Tipsnya

Nangoi juga melaporkan catatan positif pada ekspor kendaraan bermotor, di mana terjadi kenaikan ekspor hingga 60 persen pada tahun lalu, yakni mencapai lebih dari 470.000 unit dan meliputi 93 negara tujuan.

Merespon capaian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai peringkat Indonesia dalam produksi kendaraan bermotor bisa lebih ditingkatkan hingga masuk 10 besar dunia.

"Saat ini ada 21 perusahaan yang memproduksi otomotif yang angkanya sekitar 1,6 juta, itu nomor 11. Kalau 11 itu main bola, kita inginnya main futsal, jadi minimal naik di bawah 10," kata Airlangga.

Sementara terkait capaian ekspor, Airlangga mengatakan jumlah tersebut bisa terus digenjot hingga mencapai 500 ribu unit.

Baca Juga: Seberapa Akurat Trading Signal di MIFX? Simak Cara Kerja hingga Keakuratannya

Dia optimis target tersebut bisa dicapai oleh para pelaku industri otomotif di Tanah Air, sehingga mendorong peningkatan ekonomi.

Halaman:

Editor: Rustandi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah