Tips Bisnis: Pahami Seluk Beluk Waralaba, Sebelum Memilih Bisnis ini

- 13 Juli 2023, 15:17 WIB
ilustrasi pemahaman bisnis franchise/waralaba
ilustrasi pemahaman bisnis franchise/waralaba /Pixabay

JURNAL SOREANG - Waralaba atau franchise adalah sebuah hak ekslusif untuk menjalankan bisnis berupa penjualan produk di daerah tertentu yang berdasarkan perjanjian.

Istilah yang digunakan untuk bisnis ini adalah franchisor sebagai produsen atau pemilik brand yang memberikan lisensi bisnisnya, dalam bahasa Indonesia disebut: pewaralaba.

Sementara pihak penerima disebut franchisee, atau dalam bahasa Indonesia: terwaralaba.

Baca Juga: Korea Utara Konfirmasi Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua 'Hwasong-18'

Sebuah brand yang dibeli hak waralaba/franchise-nya akan mengurus franchisee dengan memberikan pelatihan karyawan, menyediakan bahan baku, mengurus periklanan dan marketing, dan selalu melakukan kontrol pada anak cabang usaha.

Secara sederhana franchisor memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan bisnis selama masa perjanjian, yang dijalankan oleh franchisee dibawah merk dagang yang sama.

Tanggung jawab Franchisor

Setiap yang namanya tanggung jawab tentu tidak mudah, apalagi untuk seorang franchisor yang perlu memikirkan banyak hal. Tidak semata-mata untuk memperoleh keuntungan, untuk bisa sukses bisnis waralaba/franchise memperlukan waktu dan proses yang tidak instan.

Baca Juga: Tes IQ dan Kepribadian : Pilihakah Dengan Cepat Burung yang Ada Pada Gambar Karena Bisa Ungkap Karakter Anda

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: Buku Kaya Raya dengan Waralaba


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah