Dosen dan Mahasiswa Unpas Gelar Kepedulian UMKM di Kabupaten Bandung Barat agar Naik Kelas, Berikut Caranya

- 28 Februari 2023, 21:01 WIB
Foto Tim Penelitian dan Pengabdian (Penerapan Iptek) saat membantu agar UMKM kripik pisang naik kelas
Foto Tim Penelitian dan Pengabdian (Penerapan Iptek) saat membantu agar UMKM kripik pisang naik kelas /Fisip Unpas/

JURNAL SOREANG- Tahun 2023 ini banyak diprediksi akan terjadi resesi ekonomi global sehingga harus ada usaha untuk pengembangan dan perlindungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Apalagi UMKM telah terbukti memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan menjadi kelompok usaha sebagai tulang punggung perekonomian daerah.

Selain itu, UMKM  paling banyak menyerap tenaga kerja meski pandemi Covid-19 sebelumnya  berdampak signifikan pada sektor UMKM yang paling terpapar risiko dan menjadi korban utama wabah tersebut. 

 "Salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki potensi untuk dikembangkan adalah Kabupaten Bandung Barat, yang memiliki pelaku UMKM dalam berbagai sektor bisnis," kata dosen Administrasi Bisnis Fisip Unpas yang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat atau Penerapan Iptek, Dr. Dindin Abdurohim BS, S.Sos.,MM.,M.Si.

Tim juga beranggotakan dosen Administrasi Bisnis Fisip Unpas yakni Andry Mochamad Ramdan S.Ikom MBA, dan tim Mahasiswa yaitu  Sanu Nurul Ajizah, Stanislaus Nanda SA, Sixma Sekar Suryana dan Indah Sulastri. 

Lebih jauh Dindin menyatakan, perkembangan UMKM juga didorong oleh terbitnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Pemerintah KBB menerapkan berbagai program.

Baca Juga: Ini Cara Khas Iriana Jokowi untuk Membangkitkan UMKM, Terungkap Saat Kunjungan ke Jawa Tengah

"Pemerintah jug meminta masyarakat bangga terhadap produk UMKM sehingga bisa menjadi  momentum mewujudkan UMKM KBB naik kelas," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x