Waduh! 8 dari 10 Perusahaan Indonesia Kesulitan Dapatkan Lulusan Perguruan Tinggi yang Siap Kerja

- 14 Juni 2022, 07:05 WIB
 Ilustrasi lulus Kuliah. Waduh! 8 dari 10 Perusahaan Indonesia Kesulitan Dapatkan Lulusan Perguruan Tinggi yang Siap Kerja
Ilustrasi lulus Kuliah. Waduh! 8 dari 10 Perusahaan Indonesia Kesulitan Dapatkan Lulusan Perguruan Tinggi yang Siap Kerja /Andrea1597/Pixabay

JURNAL SOREANG-  Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia global, perguruan tinggi (PT) di Indonesia harus bergerak lebih cepat agar mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Guna menjawab tantangan tersebut, program Praktisi Mengajar hadir sebagai salah satu solusi yang mendukung transformasi sistem pendidikan tinggi.

Apalagi kondisi lulusan perguruan tinggi Indonesia juga masih memprihatinkan karena 8 dari 10 perusahaan susah mendapatkan lulusan siap kerja.

Baca Juga: Waduh! Banyak 'Startup' Lakukan PHK Hingga Pengangguran Bertambah Besar, Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah

Hal itu berdasarkan survei Willis Towers Watson 2014-2016 yang menyebut bahwa 8 dari 10 perusahaan di Indonesia sulit mendapatkan lulusan siap kerja.

“Ada masalah kualitas, ada masalah kuantitas. Saya merasakan bahwa potensinya sangat besar. Tapi, ketika (mahasiswa) belajar, belum mendapatkan konteks seperti apa di industri. Itu secara kualitas. Ada lagi secara kuantitas. Kita berharap yang kualitasnya sudah bagus, juga jadi merata,” tutur CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat.

Sementara Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Bob Tyasika Ananta menambahkan, berdasarkan identifikasi kapabilitas di masa depan, organisasi perlu melakukan perekrutan pegawai baru yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Kabupaten Bandung Sentuh 140 Ribu, Apa Langkah Pemkab?

Berikut adalah dukungan para pemanguku kebijakan atas terobosan Merdeka Belajar Episode 20: Praktisi Mengajar. Menurut Pendiri Narasi, Najwa Shihab, “program Praktisi Mengajar merupakan insiatif yang penting dan bermanfaat.” Dirinya pun meyakini, program ini bermanfaat bagi semua pihak.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x