Ingin Bisa Swasembada Pangan? Harus Dimulai dari Membangun Hal Ini di Sentra Produksi

- 15 Desember 2021, 17:09 WIB
Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan saat membersihakan sampah di jaringan irigasi. Pembangunan irigasi dan embung-embung adalah pokok untuk swasembada
Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan saat membersihakan sampah di jaringan irigasi. Pembangunan irigasi dan embung-embung adalah pokok untuk swasembada /kabar-priangan.com/DOK Humas/

JURNAL SOREANG- Peresmian Empat Embung dengan angka milyaran rupiah di Jawa Tengah oleh Presiden Jokowi, merupakan terobosan baik.

Nakun,  semestinya pembangungan Embung dilakukan merata di seluruh Propinsi yang merupakan sentra produksi pertanian.

"Kita semua sepakat bahwa keberadaan Embung ini akan mampu meningkatkan produktivitas pertanian. Bukan hanya peningkatan produktivitas pertanian, bahkan keberadaan embung ini akan memberikan sejumlah manfaat nyata bagi masyarakat sekitar selain dari meningkatkan produktivitas pertanian, penyediaan air baku, hingga potensi pariwisata", tutur wakil rakyat asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin, Rabu 16 Desember 2021.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Pembentukan Holding Gula untuk Swasembada Gula, Nevi: Industri Gula Rapuh

Dia mengatakan, embung yang selama ini berjalan sebagai program kementerian pertanian merupakan penunjang irigasi tersier untuk pemenuhan dan jangkauannya lebih terbatas dan skala kecil.

"Tapi bila embung ini sudah dapat dibantu oleh kementerian PUPR, maka skalanya dapat ditingkatkan hingga pemenuhan irigasi sekunder," katanya.

Akmal menambahkan, pemenuhan irigasi sekunder inilah yang relatif sedikit, dimaana klaim pemerintah selama tahun 2021 ini sudah membangun 66 embung.

Baca Juga: DPR Sangat Prihatin 15 Tahun Banyak Program Ternak Sapi, Tapi Tak Bisa Swasembada, Indonesia Selalu Impor Sapi

"Biaya pembangunan embung ini memang cukup besar, khususnya pada skala pemenuhan irigasi sekunder, bisa mencapai sekitar Rp9,2 milyar hingga Rp 11,6 milyar. Akan tetapi manfaatnya akan sangat besar bagi masyarakat terutama pada daerah yang tepat karena juga akan menjadi sarana penampungan air raksasa yang akan sekaligus menjaga kestabilan lingkungan yang baik", urai Akmal.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah