Genjot Ekspor Kopi Indonesia ke Jepang, Ini Tindakan Hebat Dubes Heri Akhmadi

- 23 November 2021, 08:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi (kanan) pada pembukaan kegiatan “Coffee with the Ambassador  di KBRI Tokyo.
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi (kanan) pada pembukaan kegiatan “Coffee with the Ambassador di KBRI Tokyo. /KBRI Tokyo/

 

 JURNAL SOREANG- Indonesia berupaya  menggenjot ekspor kopi ke Jepang melalui kegiatan promosi dan edukasi kopi varietas tunggal ini.

"Citra kopi Indonesia yang berkualitas, bercita rasa tinggi dan memiliki ketelusuran (traceability) yang jelas dapat menggenjot ekspor ke Jepang dan menjadi favorit masyarakat Jepang," kata  Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi pada pembukaan kegiatan “Coffee with the Ambassador"  di KBRI Tokyo, Senin 22 November 2021.

Coffee with the Ambassador merupakan inisiasi Tim Ekonomi KBRI Tokyo bekerja sama dengan Bank Indonesia di Tokyo, yang diselenggarakan secara hybrid dengan mengundang kehadiran sekitar 40 pebisnis kopi dan pecinta kopi di Jepang secara luring, serta pelaku usaha UMKM kopi dari KPSU Solok Radjo secara daring.

Baca Juga: Penghasil Kopi yang Sudah Mendunia, Simak Fakta Menarik Suku Gayo

Kegiatan ini bertujuan mengenal lebih dekat keragaman dan keunggulan kopi Indonesia varietas tunggal dari berbagai wilayah Indonesia dalam rangka mendorong ekspor ke Jepang. Dalam kegiatan, disajikan 5 kopi varietas unggulan antara lain, Mandailing, Solok Rajo, Pangalengan (Kabupaten Bandung), Kintamani, dan Toraja.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Hilman Tisnawan menekankan pula pentingnya penggunaan Local Currency Settlement (LCS) dalam transaksi perdagangan kopi Indonesia ke Jepang.

“Melalui hadirnya skema LCS ini, saya berharap dapat meningkatkan efisiensi dalam penyelesaian transaksi ekspor impor kopi dan mengurangi ketergantungan pada nilai tukar mata uang asing", demikian tegas Hilman.

Baca Juga: Jelajah Kopi 2021, Upaya Dongkrak Ekonomi bagi Petani dan Pengusaha Kopi di Sektor Wisata Edukasi

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah