Pemerintah.Akan Cetak 1.000 Wiraswasta Muda di Perguruan Tinggi, Wirausahawan Indonesia Masih Tertinggal Jauh

- 4 November 2021, 06:05 WIB
diskusi daring dengan tajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, Selasa 2 November 2021 untuk mencetak ribuan wirausaha baru
diskusi daring dengan tajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, Selasa 2 November 2021 untuk mencetak ribuan wirausaha baru /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG-  Dirjen Diksi Kemendikbudristek,  Wikan Sakarinto,  mengapresiasi gerakan untuk mencetak wiraswasta muda di perguruan tinggi.

Salah satu gerakan tersebut adalah kompetisi Berikanpreneur: Start up Activation, yaitu sebuah kompetisi dan inkubasi bisnis mahasiswa tingkat nasional yang bertujuan mencetak 1.000 wiraswasta muda melalui inovasi penciptaan produk-produk pangan lokal unggulan bergizi.

Wikan mengatakan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan dengan gerakan untuk mencetak wiraswasta muda dari kampus. "Merdeka Belajar juga sudah memberikan satu kemampuan anak boleh fokus di luar kampus, satu menunya adalah kewirausahaan," ujar Dirjen Diksi, dalam diskusi daring dengan tajuk Berikanpreneur: Berikan Wirausaha Muda Berkualitas, Selasa 2 November 2021.

Baca Juga: Program Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun NTT Dorong Geliat Komoditi Tenun

Merdeka Belajar memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih pengembangan karir di masa depan. “Kalau kita melihat gebrakan Merdeka Belajar, bisa memilih apapun yang mereka inginkan, tapi be the best. Memerdekaan sesuai minat mereka,” kata Wikan menambahkan. 

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Keperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Siti Azizah mengatakan jumlah wirausaha di Indonesia masih kecil, jadi diperlukan kerja keras untuk meningkatkannya.

“Kalau kita bicara tetang wirausaha pada hari ini, secara persentase memang sangat kecil, baru di level 3,47% dan kita sedang meningkatkan dengan berbagai kegiatan program untuk mencai 3,95% di akhir 2024,” kata Siti Azizah.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Harus Terhubung dengan Dunia Usaha, Lulusan Terserap Kerja Atau Wirausaha

Dibandingkan dengan negara tetangga, jumlah wirausaha di Indonesia masih tertinggal, padahal Indonesia memiliki potensi yang besar.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah