Mantul, Teknologi Pupuk dari Batu bara Ciptaan Wiraswasta Indonesia Dapat Paten AS

- 3 Januari 2021, 15:11 WIB
Ilustrasi pupuk. Wiraswasta Indonesia berhasil membuat pupuk dsri batubara dan dapat paten AS.
Ilustrasi pupuk. Wiraswasta Indonesia berhasil membuat pupuk dsri batubara dan dapat paten AS. /Dok PT Pupuk Indonesia (persero)

JURNAL SOREANG- Teknologi pupuk berbahan dasar batu bara yang dikembangkan oleh wiraswasta asal Indonesia, R. Umar Hasan Saputra, mendapat pengakuan dengan diterbitkannya hak paten dari United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Pengakuan itu merupakan pencapaian besar mengingat teknologi produksi pupuk berbahan batu bara, yang dikembangkan inventor bidang pertanian itu, adalah satu-satunya yang berhasil memperoleh hak paten di AS,.

Hal ini menurut keterangan tertulis KJRI Chicago, Minggu, 3 Januari 2021. Dengan pemberian paten tersebut, pupuk batu bara dengan merek dagang Glogens Organic Micro-Carbon Fertilizer akan dapat memasuki pasar industri pertanian di AS, yang saat ini merupakan pasar terbesar di dunia.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Ekspor Sayur dan Buah ke Jepang, tapi Sayuran Asal China Serbu Pasar Indonesia

Paten ini juga dapat membuka peluang investasi berupa pendirian pabrik serta memperlancar pemasaran produk pupuk tersebut di tingkat global.

Menurut Umar, paten atas teknologi yang diraihnya memiliki beberapa keunggulan. Pupuk, yang di Indonesia bermerek dagang “Futura”, tersebut dihasilkan dari bahan dasar batu bara berkalori rendah yang banyak terdapat di berbagai negara. 

"Pupuk itu bersifat organik dan ramah lingkungan karena dapat memperbaiki kondisi tanah serta dapat diproduksi secara lebih cepat dan banyak sehingga lebih ekonomis dibandingkan dengan pupuk kimia," ujarnya.

Baca Juga: Petani Menjerit, Pupuk Bersubsidi Tiap Tahun Selalu Langka

Produksi pupuk ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani dalam jumlah besar dalam mendukung upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x