Top, Jalan Akses Pelabuhan Patimban siap dioperasikan

- 11 November 2020, 18:37 WIB
Jembatan Patimban
Jembatan Patimban /Twitter/@kemenhub151

JURNAL SOREANG- Perkembangan Jawa Barat bagian utara akan semakin cepat dengan hadirnya Pelabuhan Patimban di Subang.  Bahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan jalan akses ke Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 Km telah rampung dan siap dioperasikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mantan Perdana Menteri Jepang periode 2007 – 2008 Yusuo Fakuda selaku Ketua Asosiasi Jepang – Indonesia pada beberapa waktu lalu.

"Jalan akses ini merupakan wujud nyata dari kerja sama bilateral Indonesia-Jepang dengan skema pinjaman senilai Rp 1,2 Triliun,” kata Menteri Basuki seperti dikutip ANTARA, Selasa, 10 November 2020.

Baca Juga: Bukan 3M, Bupati Bandung Dadang M. Naser malah Ajak Warganya Terapkan 5M untuk Cegah Covid-19.

Basuki menambahkan, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan akses ke Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 Km karena  Pelabuhan Patimban dijadikan pelabuhan kontainer

"Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mengurangi beban Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah sangat tinggi. Saat ini pekerjaan jalan akses ke Patimban konstruksinya telah selesai dan siap dioperasikan," ucapnya.

Keberadaan Pelabuhan Patimban yang didukung akses jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekspor.

Baca Juga: Yuk Tambah Daya Listrik Mumpung PLN Memperpanjang Diskon sampai 30 November

"Di sekitar Patimban banyak kawasan industri seperti kawasan  Cikarang, Cibitung, Karawang hingga Cikampek. Upaya ini juga sekaligus memperlancar arus logistik nasional," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x