Penggunaan Pupuk Organik Ternyata Mampu Tingkatkan Produksi Padi dari 6 Ton Jadi 8 Ton Per Hektare

- 2 Juli 2023, 14:45 WIB
Panen raya padi nusantara serentak yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian  pada beberapa wilayah di seluruh Indonesia.  Untuk Sulawesi Tengah pelaksanaannya dipusatkan di Desa Toribulu, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong.
Panen raya padi nusantara serentak yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian pada beberapa wilayah di seluruh Indonesia. Untuk Sulawesi Tengah pelaksanaannya dipusatkan di Desa Toribulu, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong. /Istimewa /

JURNAL SOREANG - Panen raya padi nusantara serentak yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian  pada beberapa wilayah di seluruh Indonesia.

Untuk Sulawesi Tengah pelaksanaannya dipusatkan di Desa Toribulu, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H. Ma’mun Amir menghadiri pelaksanaan kegiatan yang idampingi Wakil Bupati Parigi Moutong, Staf Ahli Menteri Pertanian, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah dan pejabat lainnya dari jajaran OPD Provinsi Sulawesi Tengah yang terkait.

 

Dalam arahannya, Wakil Gubernur mengungkapkan kebanggaannya dengan raihan pertanian sulteng sejauh ini, khususnya produksi beras dengan dengan tingkat surplus masuk dalam 9 besar secara nasional.

Terkait harga, Wagub mengharapkan Bulog menjalankan perannya. “Bulog punya peran terkait ambang batas dan ambang bawah. Jika harga di atas Bulog lepas, namun jika harga rendah maka Bulog punya kewajiban membeli, saran saya pemerintah punya peran juga mengendalikan harga juga”, ungkap Wagub.

"Usaha yang menjanjikan dan jarang terkena resiko adalah sektor pertanian dan perkebunan. Lahan Subur Petani Makmur’, pupuk organik sudah menjadi sahabat petani dalam meningkatkan produksi, yang kami harapkan juga dapat menjadi salah satu solusi atas pertanian Sulteng," ucap wagub lebih lanjut menyemangati petani yang hadir.

Baca Juga: Waduh! Produksi Padi di Indonesia Bisa Turun Sampai 5 Juta Ton Akibat El Nino

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x