Kisah Kearifan Suku Badui yang Tak Pernah Kurang Pangan, Deddy Mulyadi: Pemerintah Harus Belajar dari Badui

- 5 Maret 2023, 21:07 WIB
Kisah Kearifan Suku Badui yang Tak Pernah Kekurangan Pangan, Deddy Mulyadi: Pemerintah Harus Belajar dari Suku Badui
Kisah Kearifan Suku Badui yang Tak Pernah Kekurangan Pangan, Deddy Mulyadi: Pemerintah Harus Belajar dari Suku Badui /Kabar Banten /Aldo Marantika

JURNAL SOREANG - Anggota DPR Komisi IV Deddy Mulyadi pernah membahas soal suku badui didalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Dalam rapat tersebut Deddy Mulyadi menjelaskan, meski suku Badui di Lebak Banten tidak memiliki Kepala Dinas Pertanian, tidak juga mendapatkan penyuluhan lapangan, namun suku Badui mampu memiliki varietas padi yang unggul dan berlimpah.

Penduduk Badui tidak memakai benih padi dari luar, benih yang digunakan berasal dari tanaman sebelumnya.

 Dikutip dari Jejak Pangan karya Andreas Marwoto, warga Badui meyakini gabah didalam lumbung mereka ada yang berusia sampai ratusan tahun.

Benih lokal yang dimiliki penduduk Badui mencapai 40 jenis, diantaranya pare koneng, pare salak, pare siang dan lain-lain.

Cara merawat padi juga dilakukan secara khusus, penduduk Badui memiliki ramuan yang fungsinya seperti pestisida, namun dibuat dari bahan alam yakni tanaman tamiang, cangkudu, gempol, lajak dan pacing tawa yang ditumbuk kemudian ditebarkan ke tanaman.

Baca Juga: Wow! Ada Seni Tradisional Badui di Qatar Inilah Fakta dari Tuan Rumah Piala Dunia 2022 yang Jarang Diketahui

Pemimpin adat suku Badui Luar menjelaskan bahwa bagi mereka padi memberi kehidupan, dan dianggap sebagai warisan leluhur yang harus dirawat.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x