Hadapi Redistribusi Pupuk Subsidi pada Juli 2022, Pemerintah Diminta Salurkan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

- 16 Juli 2022, 06:18 WIB
Ilustrasi pupuk subsidi. Redistribusi Pupuk Subsidi pada Juli 2022, Pemerintah Diminta Salurkan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran
Ilustrasi pupuk subsidi. Redistribusi Pupuk Subsidi pada Juli 2022, Pemerintah Diminta Salurkan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran /Dodo Rihanto/"PR"/

JURNAL SOREANG- Seiring dengan hasil keputusan Panitia Kerja DPR RI terkait pupuk bersubsidi yang merekomendasikan kepada pemerintah untuk membatasi jenis komoditas yang mendapat pupuk bersubsidi, Anggota DPR RI komisi IV, Andi Akmal Pasluddin menekankan agar pupuk bersubsidi ini tepat sasaran untuk dapat dinikmati oleh petani kecil.

Akmal mengatakan, selama ini, pupuk ini mudah didapatkan, tapi yang sulit adalah untuk mendapatkan pupuk subsidi.

Kondisi ini ia dapatkan dari berbagai serap aspirasi dengan petani baik di daerah pemilihan maupun kunjungan kerja komisi IV di berbagai sentra pertanian di seluruh Indonesia.

“Sekarang tinggal 9 komoditas pupuk yang disubsidi yang tadinya 70 komoditas. Kita semua berharap, ini tepat sasaran dan semakin memudahkan pemerintah untuk efektif dan efisien dalam penyaluran pupuk subsidi”, tutur Akmal, Jumat 15 Juli 2022.

Baca Juga: Astaghfirullah! PPN Pupuk Juga Naik yang Beratkan Petani, Pemerintah Harus Berikan Kebijakan Khusus Soal Ini

Legislator asal Sulawesi Selatan II ini menambahkan, setiap kebijakan akan mendapat feedback dari masyarakat. Misalnya, ia mencontohkan, kebanyakan kebutuhan masyarakat mayoritas Urea, NPK, dan SP.

Sehingga pemerintah bagaimana mensinkronkan kondisi ini dengan berbagai kajian untuk mendukung peningkatan produksi pangan yang berujung memberi kontribusi pada ketahanan pangan suatu daerah bahkan nasional.

Akmal mengatakan berbagai reaksi dari masyarakat setelah munculnya kebijakan pembatasan komoditas mesti menjadi masukan bagi DPR dan pemerintah.

Baca Juga: Miris, Puluhan Tahun Karut Marut Pupuk Subsidi Belum Terselesaikan

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x