Keren! Pemuda Desa Patrolsari, Kabupaten Bandung Bangkit Kembangkan Usaha Mandiri Usai Terpuruk Karena Pandemi

- 27 Juni 2022, 06:35 WIB
Keren! Pemuda Desa Patrolsari Bangkit Kembangkan Usaha Mandiri Usai Terpuruk Akibat Pandemi
Keren! Pemuda Desa Patrolsari Bangkit Kembangkan Usaha Mandiri Usai Terpuruk Akibat Pandemi /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Sebagaimana diketahui  dampak pandemi Covid–19 dalam kurun waktu 2,5 tahun ini telah menghentikan  semua roda kehidupan, termasuk krisis ekonomi dan merebaknya pengangguran. Sekarang seiring dengan melemahnya Covid-19 masyarakat mulai bangkit dari keterpurukan.

Seperti yang dilakukan para pemuda Kelompok Pecinta Alam yang berada dibawah naungan Yayasan Pepeling mereka berusaha bangkit dengan mengadakan  “Workshop dan Pemberdayaan Potensi UMKM dan Wirausaha Masyarakat Desa Patrolsari dalam Rangka Maningkatkan Etos Kerja, Gotongroyong dan Integritas” , dengan mengadakan Pelatihan UMKM Pembuatan dan Praktik  Pemasasaran Kerupuk Singkong.

Kegiatan yang digelar  Yayasan Pepeling bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tersebut,  berlangsung pada  25-26 Juni dan dilanjutkan 2 Juli 2022 di Bumi Perkemahan Bumi Perkemahan Haruman Gentong- Arjasari Kab. Bandung  - Jabar.

 Baca Juga: Kampus Punya Peran Besar Kembangkan UMKM, Ini yang Dilakukan Prodi Administrasi Bisnis Fisip Unpas

Tujuan kegiatan ini menurut  Ketua Pelaksana Rizal Purnama Nugraha, ST, untuk  menggali  potensi dan memberdayakan anak- anak muda  dari pengangguran serta membangkitkan  mereka dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19.

“ Kan banyak anak  muda yang nganggur apalagi setelah 2  tahun lebih kita terpuruk akibat bencana Covid-19. Untuk itu kita laksanakan workshop ini bekerjasama dengan Kemenko PMK . Semoga inovasi dan kreativitas para pemuda yang ada di sini dan umumnya Indonesia, menjadi pendorong bagi bangkitnya  perekonomian Indonesia, “ kata Rizal optimis.

Rizal juga berharap   ke depannya para pemuda di daerahnya bisa menjadi kader-kader yang memilki etos kerja yang tinggi dan integritas sehingga bisa memberi sumbangsih untuk kemajuan perekonomian negara.

 Baca Juga: Ditolak, Rencana Pencabutan Subsidi Minyak Goreng, Bunda UMKM: Distribusi Minyak Goreng Harus Libatkan Bulog

Sependapat dengan hal itu, Penanggung jawab sekaligus Pembina Yayasan Pepeling Taufiq Maulana Iskandar, S.Pd, berharap Gerakan Nasional Revolusi Mental ini bisa merubah pola pikir dan pola kerja para pemuda dengan cara hidup yang berlandaskan Pancasila dan kedepannya  bisa lebih bersemangat untuk berubah, semangat kerja semangat usaha, sehingga  mereka tidk menganggur.                                

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x