Aneh, Harga Gabah Anjlok Saat Panen dan Petani Rugi, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

- 31 Maret 2022, 21:43 WIB
Musim Panen, Polres Kebumen Gelar Patroli Gabah.  Aneh, Harga Gabah Anjlok Saat Panen dan Petani Rugi, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah
Musim Panen, Polres Kebumen Gelar Patroli Gabah. Aneh, Harga Gabah Anjlok Saat Panen dan Petani Rugi, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah /Humas Polres Kebumen/

JURNAL SOREANG - Wakil rakyat asal Sumbawa, Johan Rosihan merasa prihatin dengan anjloknya harga gabah di tingkat petani menjelang panen raya.

Kebijakan yang diatur pemerintah ternyata belum bisa membuat petani meraih keuntungan akibat harga gabah selalu anjlok ketika masa panen raya.

Untuk itu dirinya mendesak pemerintah segera mengantisipasi agar harga gabah tidak anjlok dengan cara memberikan perlindungan harga gabah yang dapat menguntungkan petani.

Baca Juga: Mendorong Aktivitas Penyuluhan Pertanian, Wagub Jabar: Identitas Petani Harus Berubah

“Saya minta pemerintah dapat memastikan harga gabah di lapangan sesuai dengan harapan petani agar petani mendapat keuntungan, tolong berikan perlindungan kepada petani melalui perlindungan harga gabah, sesuai dengan amanat undang-undang perlindungan petani” tegas Johan. 

Wakil rakyat dari dapil NTB 1 ini telah banyak menerima keluhan dan aspirasi dari petani soal penurunan harga gabah menjelang panen raya akhir Maret ini.  Banyak petani khawatir dan bingung akibat harga sudah anjlok sebelum mereka panen.

“Siituasi ini harus jadi perhatian pemerintah, jangan biarkan petani tidak berdaya Ketika mereka panen, pemerintah harus hadir melindungi petani dengan kebijakan perlindungan harga gabah” ucap Johan.

Baca Juga: Impor Jagung Terus Meningkat, Padahal Produksi Petani Sudah Cukup, Ada Apa?

Selanjutnya Johan memberikan pandangannya agar dari sisi kebijakan harga gabah dapat berfungsi sebagai alat untuk melindungi petani.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah