Pandemi Ternyata Ikut Turunkan Bisnis Kopi di Kabupaten Bandung

- 8 Maret 2022, 13:18 WIB
Salah satu Usaha Binaan Administrasi Bisnis Fisip Universitas Pasundan (Unpas) di Kabupaten Bandung adalah Usaha Kopi, khususnya usaha kopiMU yang dimiliki oleh Mochamad Aditia Gunawan, SH.
Salah satu Usaha Binaan Administrasi Bisnis Fisip Universitas Pasundan (Unpas) di Kabupaten Bandung adalah Usaha Kopi, khususnya usaha kopiMU yang dimiliki oleh Mochamad Aditia Gunawan, SH. /Fisip Unpas/

 

JURNAL SOREANG- Salah satu Usaha Binaan Administrasi Bisnis Fisip Universitas Pasundan (Unpas) di Kabupaten Bandung adalah Usaha Kopi, khususnya usaha kopiMU yang dimiliki oleh Mochamad Aditia Gunawan, SH. 

Usaha ini mengelola usaha Kopi mulai dari hulu sampai Hilir yang berlokasi di desa Cibereum, Kecamatan Kertasari.  

Menurut  Aditia, Covid 19 yang telah ada 2 tahun ini, memberi dampak terhadap menurunnya kapasitas usaha seperti  penjualan menurun, distribusi terhambat, kesulitan permodalan dan produksi Terhambat serta menurunnya semangat berusaha.

Baca Juga: Wow! Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda, Ridwan Kamil: Kita Harus Menaklukkan Dunia

Atas  dasar Kondisi Tersebut, Prodi Adminitrasi Bisnis Fisip Unpas, Memberikan solusi melalui Penerapan Iptek dalam dua tahap.

Tahap pertama melaui peningkatan kapasitas  kewirausahaan, serta memberikan Fasilitas Mesin Pulper untuk penggiling cherry kopi.

Tahap kedua Menurut Dr. Dindin Abdurohim BS, dan M. Fikri Maulana,MBA, dengan melibatkan mahasiswa yaitu Sheli Indah Febriyanti  dan  Chantyka yang dimulai awal Maret 2022 ini.

Baca Juga: Penghasil Kopi Terbesar, Inilah 5 Fakta Menarik Brasil, yang Lolos Piala Dunia Qatar 2022

"Caranya menerapkan Iptek berupa :  Peningkatan Kapasitas Digital Marketing dan Fasilitasi Peralatan produksi berupa Stok Beans Kopi dan Roast kopi serta  memfasilitasi akses pasar baik untuk kopi biji dan kopi bubuk dalam kemasan." Kata Dindin, Selasa 8 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x