Keren! Pertama di Luar Negeri, BNI Berikan Kredit Diaspora Loan kepada UMKM Indonesia di Jepang

- 25 Februari 2022, 13:55 WIB
Sebagai bagian dari road map BNI untuk menjembatani bisnis UMKM dan diaspora Indonesia dalam merambah pasar dunia, PT BNI (Persero) Tbk telah menginisiasi produk Diaspora Loan.
Sebagai bagian dari road map BNI untuk menjembatani bisnis UMKM dan diaspora Indonesia dalam merambah pasar dunia, PT BNI (Persero) Tbk telah menginisiasi produk Diaspora Loan. /KBRI Tokyo /

JURNAL SOREANG- Sebagai bagian dari road map BNI untuk menjembatani bisnis UMKM dan diaspora Indonesia dalam merambah pasar dunia, PT BNI (Persero) Tbk telah menginisiasi produk Diaspora Loan.

Sebagai perwujudan komitmen tersebut, BNI Tokyo telah melaksanakan penandatanganan pemberian kredit bagi Dopang Co., bertempat di Kantor BNI Cabang Tokyo di Kyobashi, Tokyo.

 Kredit diaspora loan ini merupakan kredit diaspora loan perdana yang berhasil diluncurkan sejak program tersebut diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat pembukaan Trade Expo Indonesia bulan Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Undang ITB dan Joshibi University of Arts and Design Jepang, Ini yang Dilakukan KBRI Tokyo I

Dopang Co. merupakan startup yang diinisiasi oleh diaspora Indonesia di Jepang yaitu Tania Mirella pada tahun 2020, dan berfokus dalam menyediakan platform online maupun offline untuk menjodohkan pelaku industri kreatif UMKM di Indonesia dan Jepang.

Dopang Co merupakan jebolan kegiatan “Bootcamp for Indonesian and Japanese Technopreneuer (BIJTe) yang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo bulan Oktober 2021. Kegiatan Bootcamp dimaksud merupakan kontribusi aktif KBRI Tokyo untuk mendukung visi Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia” dan pengembangan sektor ekonomi digital dan kreatif.

Dalam kesempatan penandatangan akad kredit antara BNI Tokyo dan Dopang Co, Direktur Tresuri dan Internasional PT BNI (Persero) Tbk, Henry Panjaitan mengungkapkan peran penting Diaspora Loan sebagai skema pendanaan yang mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM Indonesia di luar negeri melalui pemberian kredit yang dilakukan secara prudent dan selektif. 

Baca Juga: Gelar Indonesia Day, KBRI Tokyo Kenalkan Pembuatan Tenun Ikat dan Resmikan PKBM Keempat di Jepang

“Saya mengapresiasi secara positif pemberian kredit bagi bisnis Diaspora Indonesia di Jepang yang dilakukan oleh BNI Cabang Tokyo, yang merupakan implementasi Diaspora Loan yang pertama bagi Diaspora Indonesia segmen UMKM di luar negeri," kata Henry Panjaitan.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: KBRI Tokyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x