Harta Karun Indonesia Ini Belum Banyak Dimanfaatkan

- 8 Februari 2022, 05:46 WIB
Gumpalan asap berupa uap air keluar dari cerobong salah satu sumur di kawasan pembangkit listrik tenaga panas bumi Star Energy Geothermal (Wayang Windu), Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis 22 April 2021. Panas bumi adalah harta Karun Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan
Gumpalan asap berupa uap air keluar dari cerobong salah satu sumur di kawasan pembangkit listrik tenaga panas bumi Star Energy Geothermal (Wayang Windu), Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis 22 April 2021. Panas bumi adalah harta Karun Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan /ADE MAMAD / "PIKIRAN RAKYAT"/

JURNAL SOREANG- Kemendikbudristek kukuhkan Direktur Politeknik Negeri Semarang (Polines), Totok Prasetyo sebagai guru besar bidang Ilmu Thermodinamika, pada jurusan Teknik Mesin.

Melalui penelitian ilmiahnya yang berjudul ‘Pemanfaatan Energi Panas Bumi Temperatur Rendah Menggunakan Teknologi _Organic Rankine Cycle_ (ORC) dengan Fluida Kerja R123’, Totok dikukuhkan pada Rapat Terbuka Senat Polines oleh Ketua Senat, Jusni Amid di Polines Tembalang, Semarang, baru-baru ini.

Dalam orasi ilmiahnya, Totok mengatakan, substansi pidato pengukuhan guru besar ini menggambarkan ide gagasannya terkait betapa besarnya potensi sumber daya alam Indonesia khususnya di sektor panas bumi.

Baca Juga: Miris! Memasuki Wilayah Produksi Panas Bumi PT Geo Dipa Energi Ditandai Dengan Jalan Rusak

“Panas bumi ini adalah harta karun energi yang tidak ternilai ini tersimpan dalam perut bumi Ibu Pertiwi, Indonesia,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut Totok, sampai saat ini belum terekploitasi sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Panas Bumi yang ada di hampir seluruh wilayah Nusantara, jelasnya harus dikonversikan menjadi energi listrik.

Baca Juga: Harus Rasional! Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Soroti DBH Potensi Sumber Energi Panas Bumi

“Salah satu bidang ilmu yang memiliki peran utama dalam proses konversi energi adalah Ilmu Termodinamika. Termodinamika merupakan salah satu cabang Ilmu Fisika yang membahas mengenai perubahan energi panas menjadi bentuk energi lain," katanya.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah