Gubernur Jawa Barat Panen Perdana Padi Inovasi Tani di Ciherang, Ini Keutamaan Varietas Padi Ini

- 3 Desember 2021, 06:46 WIB
Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis), bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan Panen  Perdana Padi  Inovasi Tani di salah satu sentra padi di jawa Barat, di Kiangroke – Ciherang Kabupaten Bandung, Minggu (28/11/2021)
Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis), bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan Panen Perdana Padi Inovasi Tani di salah satu sentra padi di jawa Barat, di Kiangroke – Ciherang Kabupaten Bandung, Minggu (28/11/2021) /ASEP GP/JURNAl SOREANG

JURNAL SOREANG- Gerakan Pilihan Sunda (Gerpis), bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengadakan Panen  Perdana Padi  Inovasi Tani di salah satu sentra padi di jawa Barat, di Kiangroke – Ciherang Kabupaten Bandung, Minggu 28 November 2021.        

Dalam kesempatan tersebut juga hadir para inohong /tokoh-tokoh Sunda diantaranya Dra Hj. Eni Sumarni, M.kes (Anggota DPD RI Dapil Jawa Barat), Mayjen (Purn) Iwan Ridwan Sulanjana (Ketua Umum Dewan Pemeharti Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda/DPKLTS), Rd. Holil Aksan Umarzein (Ketua Forkodetadda Jabar/Waketum IPHI Pusat), Dindin S. Maolani, SH (Kasepuhan Sunda/Pembina Gerpis), Noeri Ispanji, SH (Ketua DPP Angkatan Muda Siliwangi), Avi Taufik Hidayat (Ketua Kongres Sunda 2022).

Sebelumnya Lahan Pengembangan Pertanian Pokja Agraria Gerakan Pilihan Sunda ini telah mendapat kunjungan Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin Presiden Tani Indonesia yang juga Pembina Gerpis dan Kurnia Fajar, Ssos, MM, Direktur Utama PT. Agro Jabar, untuk melihat sendiri bagaimana bibit unggul dan teknik tanam Hazton (hazairin Anton) dan Salibu yang dilakukan secara benar menghasilkan calon panen padi yang berkali lipat dari bibit dan teknik tanam yang umum dilaksanakan pada sistem pertanian padi pada saat ini.

Baca Juga: Presiden Menanam Padi Bersama Petani di Trenggalek, Jawa Timur, Netizen Ramai

Ketua Gerakan Pilihan Sunda Andri Perkasa Kantaprawira, S.IP, MM yang didampingi oleh Sekjen Gerpis Dr. Nina Kurnia Hikmawati, MM menjelaskan bahwa kehadiran Gubernur Jawa Barat ini merupakan dukungan, komitmen besar Pemerintah Propinsi Jawa Barat kepada inovasi dan kesungguhan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di Jawa Barat untuk turut berpartisipasi aktif melakukan sumbangsih terbaik bagi kemajuan pembangunan di Jawa Barat. "Terutama yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan rakyat dan pemeliharaan keberlanjutan ekosistem," katanya.                                                               

Pare /padi Gerakan Pilihan Sunda 01 dan 02 hasil inovasi pemulyaan benih Pokja Agraria ini merupakan hasil penelitian hampir 1,5 tahun yang memulyakan galur padi lokal atau kabuyutan yang disilangkan dengan padi -padi yang telah ada.

Sehingga menghasilkan panen padi yang lebih berlipat, padi yang lebih bernas dan lebih enak (pulen serta wangi). Semua itu  terus dikembangkan menjadi pertanian yang terintegrasi (mina padi) dan peternakan.                         

Baca Juga: Mencengangkan! Jadi Petani Padi di Brunei Darussalam, Ternyata Segini Besaran Gajinya                              

Gerpis juga mengadakan kolaborasi dengan PT. Agro Jabar,  menjadikan salah satu HUB (Pusat Kegiatan) untuk pemulyaan sektor pertanian dan hortikultura serta inovasi benih untuk menyokong Pembangunan di Jawa Barat dalam rangka berkontribusi aktif meningkatkan Ketahanan Pangan Negeri dan Kesejahteraan Masyarakat.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x