Prihatin, Indonesia Impor Kedelai Selama Enam Bulan Saja Capai Rp 7,52 Triliun

- 5 Januari 2021, 20:47 WIB
Kedelai impor yang membanjiri pasar Indonesia
Kedelai impor yang membanjiri pasar Indonesia /ANTARA

JURNAL SOREANG- Indonesia masih sangat tergantung dengan kedelai impor khususnya dari AS. Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS), impor kedelai sepanjang semester satu 2020 mencapai 1,27 juta ton atau senilai 510,2 juta dolar AS atau sekitar Rp7,52 triliun (dengan menggunakan kurs Rp 14.700).

"Dari total impor tersebut, sebanyak 1,14 juta ton di antaranya berasal dari AS. Ketergantungan kedelai impor ini sehingga harganya mudah dipermainkan," kata anvgpta DPR, Nevi Zuairina kepada media, Selasa, 5 Januari 2021.

Baca Juga: Sempat Tersendat Produksi Tahu Kota Bandung Dipastikan Kembali Aktif

Dia menambahkan, di awal tahun 2021 para pelaku industri tahu dan tempe sangat terbebani dengan adanya kenaikan harga kedelai yang mencapai hampir sebesar 50 persen.

"Kenaikan harga kedelai tersebut memukul para pelaku industri tahu dan tempe, sehingga mereka memutuskan untuk melakukan mogok produksi," ucap wakil rakyat asal Sumatera Barat ini.

Kedelai sebagai bahan baku utama bagi industri tahu dan tempe tentu akan sangat mempengaruhi harga produk tahu dan tempe di masyarakat.

Baca Juga: Pengrajin Tahu Dan Tempe Mogok Produksi Akibat Harga Kedelai Melambung Tinggi

"Jika harga kedelai naik, maka harga tahu dan tempe di masyarakat juga akan ikut naik. Dengan begitu kenaikan harga kedelai akan menimbulkan efek berganda, mengingat para pelaku UMKM juga menggunakan tahu dan tempe sebagai bahan baku produk makanan yang mereka jual." tambah Anggota Komisi VI DPR ini.

Nevi menjelaskan, sesuai dengan amanat UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan khususnya pada pasal 54 ayat (3), pemerintah dapat membatasi impor barang dengan alasan untuk membangun, mempercepat, dan melindungi industri tertentu di dalam negeri, atau untuk menjaga neraca pembayaran dan/atau neraca perdagangan.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x