Kerja Sama Pemerintah Indonesia dengan Korea Kembangkan Riset Pendidikan Tinggi Berkelanjutan

- 25 Maret 2023, 06:03 WIB
Pimpinan empat universitas negeri di Indonesia melakukan pertemuan dengan Presiden Seoul Nasional University (SNU), Honglim Ryu  di Kantor Pusat SNU, Seoul, Korea Selatan. Pertemuan ini membahas pembentukan konsorsium kerja sama riset dan _joint working group_ pendidikan tinggi negeri
Pimpinan empat universitas negeri di Indonesia melakukan pertemuan dengan Presiden Seoul Nasional University (SNU), Honglim Ryu di Kantor Pusat SNU, Seoul, Korea Selatan. Pertemuan ini membahas pembentukan konsorsium kerja sama riset dan _joint working group_ pendidikan tinggi negeri /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG-  Pimpinan empat universitas negeri di Indonesia melakukan pertemuan dengan Presiden Seoul Nasional University (SNU), Honglim Ryu baru-baru ini di Kantor Pusat SNU, Seoul, Korea Selatan.

Pertemuan ini membahas pembentukan konsorsium kerja sama riset dan _joint working group_ pendidikan tinggi negeri di Indonesia dan Korea.

"Selain program akademik dan kegiatan penelitian, kami di Universitas Mataram juga mendedikasikan program kampus untuk mendorong kelestarian lingkungan sebagai pelayanan masyarakat,” kata Rektor Universitas Mataram Bambang Hari Kusumo selaku pimpinan delegasi perguruan tinggi. Selain Universitas Mataram, turut hadir perwakilan dari Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Malikussaleh.

 Rektor Bambang pada kesempatan ini menyinggung peluang berkolaborasi dengan Seoul National University dalam hal penelitian bersama, pengembangan kompetensi peneliti, pertukaran mahasiswa, pengiriman dosen untuk melanjutkan studi di SNU, serta pertukaran (_exchange_) mahasiswa Korea ke Indonesia.

Presiden SNU, Honglim Ryu, menyampaikan apresiasinya atas minat Indonesia yang besar terkait kerja sama bidang teknik _engineering_, pendidikan dan _sport science_, serta berbagai kerja sama internasional lainnya, di mana saat ini juga merupakan prioritas program SNU di Indonesia.

“Kami berharap forum pertukaran bidang-bidang strategis bagi kedua negara akan diadakan dengan melibatkan peneliti SNU maupun peneliti Indonesia pada bidang yang relevan,” urai Honglim Ryu.

Baca Juga: Delapan Perguruan Tinggi Terbaik di Australia Bergabung dalam Program IISMA, Ini Daftarnya

Selain itu, Honglim Ryu juga mengapresiasi pembentukan S-Cube Center di Universitas Mataram pada 1 Februari, yang pendiriannya disponsori oleh Samick Musical Instruments Co., Ltd., yakni kolaborasi Seoul National University _Social Responsibility_ dan Seoul National Pusat R&DB Global.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x