Gas Polutan Kendaraan Sangat Berbahaya, Universitas Widyatama Lakukan Kegiatan untuk Sadarkan Generasi Muda

- 31 Januari 2023, 21:06 WIB
Foto Bersama Seluruh Tim Dosen Teknik Mesin dan Guru SMK Al-Aitaam serta seluruh peserta setelah adanya sosialisasi bahaya gas buang kendaraan
Foto Bersama Seluruh Tim Dosen Teknik Mesin dan Guru SMK Al-Aitaam serta seluruh peserta setelah adanya sosialisasi bahaya gas buang kendaraan /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Dalam proses pembakaran kendaraan bermotor akan mengeluarkan polutan berupa gas buang yang sangat berbahaya.

Polutan dari emisi kendaraan bermotor disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya,  sistem pembakaran mesin, jenis bahan bakar, sistem pengapian, sistem bahan bakar, perilaku pengemudi, jenis kendaraan, perawatan kendaraan, tahun dan cc kendaraan.

Polutan yang dihasilkan oleh emisi kendaraan bermotor meliputi Karbon Monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Monoksida (NOX), Hidrokarbon (HC), Partikel Timbal (PB), asap dan abu.

Baca Juga: Keren! Mengurangi Emisi dan Menjaga Lingkungan, Negara Jepang Larang Gunakan Mobil Tua

Polutan tersebut dapat menimbulkan gangguan pada manusia, hewan, tumbuhan dan benda lainnya.

Bahaya yang Ditimbulkan dari Emisi Gas Buang kendaraan adalah merusak sistem pernapasan, bersifat Karsinogenik, dan berbahaya bagi Sistem Peredaran Darah.

Salah satu penyumbang gas CO adalah polutan gas gas buang dari kedaraan bermotor baik roda 2 ataupun roda 4.

Untuk itu, Tim Dosen Teknik Mesin Universitas Widyatama melakukan penelitian tentang produksi gas buang CO dari kendaraan bermotor.

Baca Juga: Menteri LHK: Langkah Atasi Emisi Karbon Jangan Hanya Modis

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x