Beri Kuliah Umum di NYU, Amerika Serikat, Ini yang Disampaikan Mendikbudristek

- 23 September 2022, 06:03 WIB
Sejumlah terobosan Merdeka Belajar disampaikan Mendikbudristek saat memberikan kuliah umum di New York University (NYU).
Sejumlah terobosan Merdeka Belajar disampaikan Mendikbudristek saat memberikan kuliah umum di New York University (NYU). /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANG- Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim bertolak dari tanah air untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS).

Lawatan ini memiliki setidaknya dua misi utama. Pertama, untuk mendorong kerja sama, antara lain di bidang pendidikan tinggi dengan sejumlah universitas dan di bidang kebudayaan dengan institusi riset dan permuseuman top dunia yang berkedudukan di AS.

Kedua, menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam hal transformasi sistem pendidikan melalui terobosan-terobosan Merdeka Belajar.

Baca Juga: Nadiem Anwar Makarim: Luncurkan Rapor Pendidikan Indonesia

“Visi saya adalah untuk tidak lagi mengejar ketertinggalan, tapi menjadikan Indonesia pemimpin perubahan, sehingga menjadi contoh negara-negara lainnya,” ujar Menteri Nadiem.

Sebelumnya, terobosan-terobosan Merdeka Belajar telah menjadi dasar dari agenda prioritas G20 bidang pendidikan yang penyelenggaraannya tuntas pada Pertemuan Tingkat Menteri Pendidikan G20 di Bali.

Atas dasar dukungan negara-negara G20, hasil kerja G20 bidang pendidikan tersebut juga akan disampaikan Mendikbudristek pada _United Nations Transforming Education Summit_ yang merupakan rangkaian dari Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin 19 September 2022 di Kota New York.

Baca Juga: Nadiem Anwar Makarim: Wafatnya Buya Ahmad Syafii Maarif Kehilangan Besar bagi Bangsa Indonesia

Sejumlah terobosan Merdeka Belajar disampaikan Mendikbudristek saat memberikan kuliah umum di New York University (NYU).

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x