Jangan Pandang Remeh, Partisipasi Sektor Swasta dalam Membantu Perluasan Akses Pendidikan untuk Anak Indonesia

- 24 September 2021, 09:39 WIB
Tangkapan layar Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUDDikdasmen) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Danone Indonesia.
Tangkapan layar Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUDDikdasmen) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Danone Indonesia. /Kemendikbud ristek/

JURNAL SOREANGKemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUDDikdasmen) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Danone Indonesia melalui PT. Sarihusada Generasi Mahardhika. Penandatangan kerja sama ini dalam rangka mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia terutama bagi mereka yang berada di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

Direktur Jenderal PAUDDikdasmen, Jumeri mengatakan peningkatan akses dan kualitas pendidikan merupakan salah satu prioritas penting pemerintah sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk Indonesia maju.

“Hal ini harus menjadi kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk ikut berkontribusi dengan perannya masing-masing, dan kami mengapresiasi pihak swasta dalam mendukung perluasan akses pendidikan bagi anak Indonesia,” tuturnya, baru-baru ini.

Baca Juga: Ponsel Hilang atau Ganti Nomor? Ini Cara agar Tetap Dapat Internet Gratis Kemendikbud 2021

Untuk mewujudkan hal tersebut lanjut Jumeri, dibutuhkan kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, sektor swasta, maupun seluruh lapisan masyarakat.

Kemendikbudristek senantiasa membuka kesempatan kepada berbagai pihak untuk bekerja sama dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia. Kerja sama dalam peningkatan kualitas belajar serta layanan pendidikan ini merupakan salah satu contoh praktik baik kemitraan pemerintah dan sektor usaha untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar,” ucap Jumeri.

Pada kesempatan yang sama, _Vice President General Secretary_ Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyambut baik kerja sama dengan Kemendikbudristek. Dikatakan Vera, kerja sama ini merupakan salah satu upaya merefleksikan visi Danone Indonesia yaitu ‘One Planet, One Health’, yang juga berkaitan dengan sektor pendidikan.

Baca Juga: Siapa Saja yang Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud, Cek Infonya

“(Kerja sama ini) Sejalan dengan visi pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk maju, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses pendidikan dan nutrisi,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X