Kue Jajanan Tradisional Ini Memiliki Kesamaan, Sama Manisnya dan Sama Hijaunya

- 14 Januari 2022, 21:30 WIB
Kue Jajanan Tradisional Ini Memiliki Kesamaan, Sama Manisnya dan Sama Hijaunya
Kue Jajanan Tradisional Ini Memiliki Kesamaan, Sama Manisnya dan Sama Hijaunya /

JURNAL SOREANG - Kue Tradisional ini memiliki rasa yang manis, warnanya hijau, dan ada taburan kelapanya di dalamnya terdapat irisan gula merah, dan nama kue ini adalah kue Putu.

Kue putu dan klepon seperti sahabat sejati selamanya. Warna klepon hijau rasanya manis dan ada taburan kelapanya, sama dengan kue putu yang juga berwarna hijau.

Kue putu diisi gula merah, klepon juga isinya gula merah. Klepon dibalut kelapa parut, kue putu juga ditaburi kelapa parut.

Namun, cara membuat klepon dan kue putu berbeda. Kue putu memiliki cara memasak yang unik. Cetakan kue putu adalah potongan bambu kecil.

Baca Juga: Bukan Martabak, Ternyata Ini 3 Jajanan Tradisional Asli Indonesia yang Murah Meriah

Cara memasaknya dikukus dengan cara diasap uap panas dari air mendidih. Uap panas keluar dari lubang pada panci khusus yang dibuat dari kaleng besar.

Ketika tidak ada pembeli kue putu datang, penjual kue putu akan membunyikan suara pluit yang keluar dari uap panas.

Suara khas tuit... tuit... tuit ini menjadi ciri kedatangan penjual kue putu. Meskipun berbeda-beda gerobaknya, penjual kue putu pasti mempromosikan jualannya dengan suara peluit itu. Kedatangan kue putu banyak ditunggu oleh penggemarnya.

Penjual kue putu ada yang menggunakan gerobak yang didorong, ada yang dipikul, ada yang menggunakan sepeda, ada yang menggunakan sepeda motor, atau ada yang menyewa tempat khusus.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Buku Jajanan Asli Indonesia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X