MUI Bali Punya Cara Unik untuk Adakan Buka Bersama dan Shalat Tarawih yang Waktunya Berdekatan dengan Nyepi

- 24 Maret 2023, 17:16 WIB
MUI Bali Ikut menggerakkan pengelolaan sampah termasuk pembersihan sampah di pantai jelang Ramadhan
MUI Bali Ikut menggerakkan pengelolaan sampah termasuk pembersihan sampah di pantai jelang Ramadhan /Istimewa /

JURNAL SOREANG – Memasuki ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H/2023 M ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali menyerukan umat agar memperkuat ukhuwah (persaudaraan) sesama umat. Baik umat dalam satu keyakinan dan umat di lintas agama.

Sekretaris MUI Provinsi Bali, H. Ismoyo Soemarlan, dalam siaran pers yang diedarkan Komisi Infokom Jumat 24 Maret 2023 menekankan pentingnya memperkuat ukhuwah sebagai wujud toleransi dalam moderasi beragama.

“Kita, khususnya MUI Provinsi Bali menyerukan pentingnya menguatkan ukhuwah menuju umat yang bermartabat,” kata Ismoyo Soemarlan.

 MUI Provinsi Bali memberikan apresiasi yang tinggi bahwa pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 yang berbarengan dengan awal Ramadan 1444 Hijriyah telah terlaksana dengan aman, damai dan rukun.

Hal tersebut lanjutnya, karena semua pihak telah melaksanakan dengan baik seruan bersama Majelis-Majelis Agama dan Lembaga Sosial Keagamaan se Bali terkait Hari Raya Nyepi dapat dilaksanakan dengan bingkai toleransi yang kuat.

Penegasan serupa sebelumnya juga telah disampaikan Ketua Umum MUI Provinsi Bali H. Mahrusun Hadyono yang menegaskan,  Nyepi berbarengan dengan Ramadan bukan yang pertama terjadi.

Baca Juga: Apakah Niat Puasa Cukup pada Awal Ramadhan, Begini Penjelasan Ustadz Aam Amirudin

Namun dengan semangat toleransi dan tenggang rasa dapat terlaksana dengan baik. Termasuk tahun ini, yakni Nyepi dan taraweh awal ramadan sudah terlaksana sesuai kesepakatan dan seruan bersama.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: MUI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah