MUI Sayangkan 'Nyinyiran' kepada Santri Tutup Telinga Akibat Musik: Takut Tercampur dengan Hafalan

- 14 September 2021, 22:04 WIB
Akun Instagram Diaz Hendropriyono posting video santri menutup telinga saat terdengar lagu viral di media sosial.
Akun Instagram Diaz Hendropriyono posting video santri menutup telinga saat terdengar lagu viral di media sosial. /Azmy Yanuar Muttaqien /tangkapan layar Instagram/@Diaz.hendropriyono

JURNAL SOREANG - Wakil Sekjen MUI, M Ziyad mengomentari soal video santri yang diviralkan dengan narasi menutup telinga saat mendengarkan musik di area vaksinasi.

Menurutnya, penghafal alquran memang perlu menjaga hafalannya. Mereka memiliki masalah jika mendengarkan musik, dan musik itu yang akhirnya menempel dalam ingatan.

"Mohon maaf kalau mau jauh, Imam Syafi'i, kalau pergi ke masjid, telinga disumpal dengan kapas. Apa tujuannya, dia tidak ingin dengar apapun selama perjalanan dari rumah ke masjid. Saking cerdas beliau, hanya mendengar itu beliau hafal di pikiran dia. Takut tercampur dengan hafalan hadis, fikih dll. Kita harus proporsional, jernih melihat itu," katanya.

Baca Juga: Viral Santri Tutup Telinga Akibat Musik, Komentar Diaz Hendropiyono Dihujat Netizen: Memang Begitu Harusnya

Ziyad yang juga pengajar dari Tahfiz Alquran, atau penghafal alquran itu menambahkan, para santri memang harus dijaga hafalannya agar tidak terpengaruh oleh hal-hal lain.

"Anak santri ini memang dijaga betul hafalan alqurannya termasuk jangan sampai mendengarkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi hafalan-nya. Itu salah satunya itu adalah musik. Suara-suara, nggak hanya musik saja gitu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan sejumlah santri menutup kuping karena mendengar musik di ruang vaksinasi viral di media sosial.

Seperti dikutip Jurnal Soreang dari video yang diunggah oleh akun Twitter @diaz.hendropriyono beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Geger Video Santri Tutup Telinga Saat Dengar Musik, Begini Respons Ustaz Hilmi Firdausi

Dalam video yang diunggahnya, tampak sejumlah santri yang tengah duduk menunggu vaksinasi sambil menutup kuping.

Halaman:

Editor: Rustandi

Sumber: Twitter @diaz.hendropriyono


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X