Kearifan Sunda Bisa Cegah Penyebaran Covid-19

- 16 Oktober 2020, 10:36 WIB
Sanggar Seni Sunda Lugina saat menampilkan kesenian Tarawangsa di Coklat Kita Napak Jagat Padundan Ngubaran (Ngaguar Budaya Urang) di Studio Denny "Minus Productions", Bojongkoneng, Kabupaten Bandung, Rabu (22/7/2020). /PR/

JURNAL SOREANG- Selama ini pemerintah menggaungkan program 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19 yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Padahal, ada nilai kearifan lokal Sunda yang juga ampuh untuk menekan penyebaran virus ini.

Hal itu dikatakan Pupuhu (ketua)Korps Alumni Daya Mahasiswa Sunda (Kadamas)  Bandung Raya, Sali Iskandar, saat dihubungi, Jumat, 16 Oktober 2020.

"Misalnya kearifan lokal jaga lembur yang bisa mencegah penyebaran Covid-19. Kadamas mendukung program Pemprov Jabar untuk penanggulangan Corona ini," kata Sali yang ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Ghifari dan Al Aaitaam.

Baca Juga: Viral, Pria Tak Dikenal Bobol Kotak Amal Masjid Dinul Islam Bojong Emas

 Terdapat kesesuai dengan sifat dan karakter orang Sunda yang patuh dan taat terhadap aturan pemerintah.

"Di antaranya kearifan selalu ngajaga, ngarawat lembur sorangan, Kudu akur batur sakasur batur sasumur batur salembur jeung batur sagubernur," katanya.


Lebih lanjut Sali mengatakan,   menjaga lembur dan akur sesama harus tetap dipertahankan dan diteruskan termasuk kepada warga yang bukan berasal dari Jawa Barat.

Baca Juga: Dua Siswa SMA Ini Raih Prestasi Membanggakan Tingkat Nasional

"Orang sunda selalu menjaga hade ka semah (berbuat baik kepada tamu),  tapi semah jangan menyusahkan yang punya rumah. Artinya di mana langit dijunjung, tanahnya pun harus diinjak," ujarnya 

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X