10 Ular Paling Mematikan di Dunia, Nomor 1 Bisa Melenting ke Udara Sebelum Menggigit Korbannya

- 23 Juni 2022, 16:30 WIB
Salah satu pulau di Brasil dipenuhi ular berbisa, pulau ular atau Ilha da Queimada Grande./ instagram @motivandohumano
Salah satu pulau di Brasil dipenuhi ular berbisa, pulau ular atau Ilha da Queimada Grande./ instagram @motivandohumano /

JURNAL SOREANG- Ular manakah yang paling mematikan di dunia ? Ular menggigit sekitar 5,4 juta orang setiap tahun, mengakibatkan antara 81.000 dan 138.000 kematian, menurut WHO.

Kontributor Live Science, Alisa Harvey, telah menyusun daftar 10 ular paling mematikan di dunia, dimana nomor satunya (Taipan Pedalaman) bisa melenting ke udara sebelum melesat dan menggigit korbannya.

Ular berbisa membunuh korbannya dengan zat beracun yang diproduksi di kelenjar ludah yang dimodifikasi yang kemudian disuntikkan hewan ke mangsanya menggunakan taringnya.

Racun semacam itu telah berevolusi selama jutaan tahun untuk menyebabkan reaksi parah pada korban, mulai dari imobilisasi dan pendarahan hingga kematian dan peradangan jaringan, para peneliti melaporkan pada 2019 dalam jurnal Frontiers of Ecology and Evolution.

Baca Juga: Simak! Ramalan Shio Kelinci, Naga, Ular Hari Ini, Jangan Abaikan Kesejahteraan

Berikut adalah 10 ular yang racunnya tidak hanya meninju mangsa kecil, tetapi juga bisa membunuh manusia.

10. Mamba hitam.

Mamba hitam adalah ular paling mematikan di Afrika. Mamba hitam (Dendroaspis polylepis) dapat membunuh seseorang hanya dengan dua tetes bisa, Live Science melaporkan.

Dinamakan demikian karena warna gelap dan tinta di dalam mulut mereka, namun mamba hitam sebenarnya berwarna kecoklatan. Panjangnya rata-rata sekitar 8 kaki (2,5 meter), dan dapat bergerak dengan kecepatan 12 mph (19 km/jam).

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Livescience


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x