Arsitek ITB Buat Terobosan dengan Rumah Bambu Plester (Mabuter): Konsep Rumah Murah, Ini Kelebihan Lainnya

- 20 Maret 2023, 06:25 WIB
Komisariat Ikatan Alumni ITB {IA ITB) angkatan 97 "Syner97" yang diprakarsai oleh Tim Pembangunan Rumah Bambu Plester (Mabuter) berhasil membangun rumah bambu plester untuk korban gempa Cianjur
Komisariat Ikatan Alumni ITB {IA ITB) angkatan 97 "Syner97" yang diprakarsai oleh Tim Pembangunan Rumah Bambu Plester (Mabuter) berhasil membangun rumah bambu plester untuk korban gempa Cianjur /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Komisariat Ikatan Alumni ITB {IA ITB) angkatan 97 "Syner97" yang diprakarsai oleh Tim Pembangunan Rumah Bambu Plester (Mabuter) telah berhasil membangun rumah bambu plester yang akan diserahterimakan kepada pemiliknya Minggu 19 Maret 2023, menjelang bulan Ramadhan tiba.

Rumah Bambu Plester dikerjakan dengan teknologi sederhana sehingga mudah dikerjakan dengan melibatkan masyarakat lokal.

Warga terlibat langsung dalam proses pembuatan Rumah Bambu Plester ini, seperti pembuatan anyaman bambu, balok dan kolom bambu yang dijadikan rangka utama dalam model rumah bambu plester ini.

 

Rumah Bambu Plester merupakan konsep rumah murah dan terjangkau. Bambu digunakan sebagai dinding dan rangka bangunan. Dinding dan rangka bambu diplester sehingga lebih memiliki kekuatan dengan tampilan rumah tembok.

Pembangunan Rumah Bambu Plester ini terbilang cukup murah, untuk satu unit rumah tipe 40 memakan biaya hanya Rp. 75 juta dengan hitungan Rp. 1.875.000, per meter persegi.

Rumah ini dipersembahkan untuk Abah Dimi, seorang warga korban gempa bumi Cianjur pada 21 November 2022 dengan kekuatan 5,6 SR telah meluluhlantakkan rumahnya hampir rata dengan tanah.

Baca Juga: Tiga bulan Setelah Gempa Dahsyat di Cianjur, Pihak Berwenang akan Mendesain Ulang untuk Persiapkan Masa Depan

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah