Ini Syarat agar UMKM Bisa Bangkit Lagi Saat Pandemi

- 13 Maret 2021, 17:47 WIB
Potret  beberapa makanan khas Kota Kembang, Bandung antara lain: batagor (kiri atas), es cendol (kanan atas), seblak (kiri bawah), dan serabi (kanan bawah).
Potret beberapa makanan khas Kota Kembang, Bandung antara lain: batagor (kiri atas), es cendol (kanan atas), seblak (kiri bawah), dan serabi (kanan bawah). /Dok. Pikiran Rakyat

JURNAL SOREANG-Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengungkapkan, sebagaimana pesan dari Gubernur Jawa Barat, yaitu UMKM harus Go-Digitalm Hal ini sebagai upaya agar IKLM bangkit saat pandemi.

“Apa yang dilakukan Go food ini tentu menjadi bagian dari usaha menggerakan roda perekonomian," kata Kusmana saat festival kuliner UMKM  dilansir dari laman resmi humas.bandung.go.id. Jumat 12 Maret 2021.

Pemerintah akan menggerakan perekonomian, mulai dari memberikan fasilitas promosi hingga UMKM Go Digital, "Dengan adanya bantuan ini, sehingga para pelaku UMKM, dapat mengandalkan penjualan secara online,” ungkapnya.

Baca Juga: Bantu Pelaku UMKM, Pemkot Bandung Apresiasi GoFood Gelar Festival Kuliner Tradisional

Sementara itu, Kepala UMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, Pemkot selama ini telah konsisten dalam mendorong UMKM Go-Digital. Salah satunya melalui pelatihan digital marketing.

“Sehingga mereka bisa beradaptasi di tengah pandemi. Kami juga mengadakan pelatihan untuk peningkatan pemahaman digital marketing terhadap para pelaku UMKM,” tuturnya.

Sementara itu, District Head Gojek Bandung, Cut Emyra Fadhila menyatakan, selama kegiatan festival kuliner GoFood akan menampilkan promosi untuk kuliner tradisional Bandung di laman muka aplikasi Gojek di Bandung agar dapat lebih terlihat dan langsung menarik perhatian.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Purwakarta Gelar Festival Sate Marangi

”Selain memberikan manfaat bagi para konsumen, program ini juga diharapkan bisa meningkatkan transaksi para mitra UMKM untuk bisa tetap tumbuh dan berkembang,” paparnya. ***

Editor: Sarnapi


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X