Ada Maqam Dua Sahabat Nabi yang Tersembunyi di Amman Lho

- 18 Oktober 2020, 08:45 WIB
SEORANG peziarah berada di Amman, Yordania, tak jauh dari Maqam Amr bin Ash, belum lama ini /SARNAPI/

JURNAL SOREANG- Keberadaan bangunan dengan di dalamnya terdapat nisan maupun kiswah penutup makam banyak ditemukan di daerah Timur Tengah termasuk Yordania.

Namun jangan dikira bangunan itu merupakan makam atau pekuburan (maqbarah) melainkan maqam atau penanda bila tokoh tersebut sempat singgah di suatu daerah.

"Demikian pula di Yordania ada dua maqam sahabat Nabi Muhammad yakni Amr bin Ash dan Bilal bin Rabah," kata warga Amman sekaligus  pemandu wisata ziarah jejak Rasul, Majid, saat dihubungi, 18 Oktober 2020.

Pria yang bercambang ini menambahkan, sahabat Amr bin Ash dan Bilal merupakan dua di antara 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

Baca Juga: Inter vs Milan 1-2, Rekor Baru Ibrahimovic dalam Derby della Madonnina

"Hanya, kalau Amr bin Ash adalah sahabat kaya sebagai saudagar bersama dengan Umar bin Khattab dan Utsman bin Afgan.  Sedangkan Bilal boleh dikata sahabat yang biasa saja kekayaannya dengan kelebihan pasa suara hingga menjadi Muazin Rasulullah," katanya.

Bilal bin Rabah  terkenal dengan Bilal al-Habasyi  termasuk golongan orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Ia adalah orang yang dipercaya untuk mengurus uang di baitul mal di masa Nabi.

"Ia turut serta dalam semua peperangan nabi,namun setelah Rasul wafat  ia pindah ke Syam. Negara Syam kini terbagi antara Syria, Yordania, dan Irak," katanya.

Baca Juga: Everton vs Liverpool 2-2, Calvert-Lewin Tak Mau Kalah dari Salah

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X