Polandia Menjadi Anggota NATO Pertama yang Mengirim Jet Tempur ke Ukraina, Begini Komentar Kremlin

- 17 Maret 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi Polandia akan menyerahkan empat MiG-29 pertama ke Ukraina
Ilustrasi Polandia akan menyerahkan empat MiG-29 pertama ke Ukraina /Pixabay/Netloop

JURNAL SOREANG-Polandia menjadi anggota NATO pertama yang mengirim jet tempur ke Ukraina. Melansir dari halaman CNA News, Presiden Polandia Andrzej Duda pada Kamis (16 Maret) mengatakan akan mengirimkan empat jet tempur gelombang pertama tipe MiG-29 ke Ukraina.

Ukraina telah berulang kali meminta sekutu untuk mengirim pesawat tempur, meskipun yang diharapkannya jet F-16 modern buatan AS, tetapi sejauh ini tidak ada negara Barat yang berkomitmen untuk memberikan jet ke Kyiv.

“Dalam beberapa hari mendatang pertama-tama kami akan mengirimkan empat pesawat yang akan beroperasi penuh ke Ukraina,” kata Duda kepada wartawan tentang jet yang dirancang Soviet.

Baca Juga: 5 Weton Ini Bisa Ketiban Rezeki, Akan Sukses dan Kaya Di Tahun 2023, Termasuk Pada Bulan Ramadhan

Mengirim jet tempur akan membuat perkembangan penting dalam konflik dan akan meningkatkan pertahanan Kyiv terhadap serangan rudal Rusia yang tak berawak.

Polandia telah mempelopori upaya untuk mengirim lebih banyak peralatan ke Ukraina dan meyakinkan Barat untuk mengikutinya.

Duda mengatakan, Polandia saat ini memiliki selusin atau lebih pesawat MiG yang diwarisi dari bekas Republik Demokratik Jerman, yang "hampir" dikirim ke Ukraina.

Baca Juga: Dinaungi Keberuntungan Sepanjang Tahun 2023, Ini 5 Weton yang Dimaksud, Apakah Anda Termasuk?

Halaman:

Editor: Josa Tambunan

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah