Hadir pada Simposium Haji Akbar 2022 di Arab Saudi, Wamenag Jelaskan 4 Dimensi Ibadah Haji! Apa Saja?

- 5 Juli 2022, 17:23 WIB
Hadir pada Simposium Haji Akbar 2022 di Arab Saudi, Wamenag Jelaskan 4 Dimensi Ibadah Haji! Apa Saja?
Hadir pada Simposium Haji Akbar 2022 di Arab Saudi, Wamenag Jelaskan 4 Dimensi Ibadah Haji! Apa Saja? /kemenag

JURNAL SOREANG - Kegiatan Nadwah Al-Haj Al-Akbar atau Simposium Haji Akbar 1443 H, dilaksanakan di Makkah Arab Saudi, dan dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi yang berangkat mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kegiatan imposium Haji Akbar 2022 ini dilaksanakan, oleh pihak Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Selain itu, turut hadir juga Amir Khalid bin Faisal al-Saud sebagai Gubernur Mekkah, Yang kami banggakan Menteri Urusan Haji dan Umrah, Kerajaan Saudi Arabia, dan sejumlah Menteri Agama dan pimpinan delegasi haji lain yang berasal dari berbagai negara.

Baca Juga: NAIK HAJI 2022: Tenda Hingga Lainnya, Menag Siapkan Berbagai Fasilitas Bagi Jemaah Jelang Armuzna! Apa Saja?

Ibadah Haji bukan hanya bermakna ritual bagi para Jemaah, namun memiliki 4 Dimensi seperti yang diungkapkan oleh Zainut Tauhid Sa’adi seperti dikutip dari laman resmi kemenag.go.id:

1. Dimensi spiritual ibadah haji yang menekankan pentingnya sikap kesalihan pribadi seorang Muslim agar bisa jadi sosok yang bertakwa dan selalu mengingat sang pencipta, Allah Swt., dan taat terhadap perintah dan menjauhi larangan-Nya.

2. Dimensi persaudaraan (ukhuwwah) ibadah haji yang menekankan kebersamaan dan kerjasama untuk saling membantu dan saling menolong (ta’awun) dalam kebaikan. “Kerjasama ini, tentu tidak hanya terbatas kepada Kerjasama antar individu melainkan juga antar komunitas, organisasi dan antar negara-negara penyelenggara perjalanan ibadah haji,” Ucap Wamenag.

Baca Juga: HAJI 2022: Calon Jemaah Haji Furoda Dideportasi, Menag Akan Beri Sanksi Tegas pada Pihak Terkait!

3. Dimensi ekonomi ibadah haji yang menekankan terhadap pentingnya memberikan kemasalahatan lebih kepada umat manusia dengan berbagai aktivitas ekonomi. Wamenag berharap aktivitas ekonomi dalam bentuk perdagangan (tijarah), jual beli, dan export-import komoditas kebutuhan jamaah haji antar negara-negara Muslim semakin meningkat di masa akan datang.

Halaman:

Editor: Suci Anjani Sukmadewi

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x