Gerakan Ini Bisa Cegah Kanker Tiroid Lho, Silakan Coba!

- 14 Oktober 2021, 11:19 WIB
Kenali, dan Pahami Berikut Jenis Kanker Tiroid yang Harus Diwaspadai. Ini gerakan senam yang bisa mencegah kanker tiroid./Kabar Tegal
Kenali, dan Pahami Berikut Jenis Kanker Tiroid yang Harus Diwaspadai. Ini gerakan senam yang bisa mencegah kanker tiroid./Kabar Tegal /Pixabay/nastya_gepp

JURNAL SOREANG- Kanker tiroid bukan penyakit sepele. Karena itu, mengenali gejala dan mencegahnya adalah tindakan bijaksana.

Jika mengalami batuk, nyeri di leher, sakit tenggorokan, suara serak yang tidak membaik setelah beberapa minggu, pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, sulit menelan, dan sulit bernapas, itu bisa jadi gejala kanker tiroid.

Kanker tiroid jarang menimbulkan gejala di awal. Namun, seiring pertumbuhan sel dan jaringan, akan muncul benjolan di bagian depan leher. Benjolan tersebut tidak mudah digerakkan, terasa kencang, tidak terasa sakit, dan cepat membesar.

Baca Juga: Daun Katuk Efektif Turunkan Resiko Kanker Payudara, Benarkah?

Jika sel-sel kanker meningkatkan produksi hormon tiroid, kanker tiroid akan menyebabkan hipertiroidisme yang memiliki gejala berupa jantung berdebar, tangan tremor atau gemetar, penurunan berat badan, gelisah, mudah marah, mudah berkeringat, rambut rontok, dan diare.

Salah satu solusi pencegahannya adalah dengan mengamalkan Gerakan Lapang Dada.

Great Master Pijat Getar Syaraf dan Senam Perkasa Indonesia, A. M. Isran menyebutkan, selain dapat mencegah kanker tiroid, Gerakan Lapang Dada dapat mengatasi masalah sesak nafas, dan membuka sistem pernafasan.

Selain itu, mengoptimalkan oksigen dan mengkonversinya agar dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Karena oksigen adalah sumber kehidupan, setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk dapat hidup dan bertumbuh serta meregenerasi sel-sel yang rusak.

Baca Juga: Dokter Spesialis Sebut Benjolan di Leher bukan Selalu Kanker Tiroid Walaupun Menganggu Penderitanya

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Senam perkasa Indonesia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X