Viral Pernyataan Aturan Baru Facebook di Status FB, Ini Masalah Sebenarnya

- 12 Januari 2021, 06:48 WIB
ILUSTRASI FACEBOOK . Kini pengguna FB ramai-ramai membuat status soal aturan baru FB yang ternyata hoaks / PIXABAY / geralt/

JURNAL SOREANG- Dalam beberapa hari ini di medsos Facebooknya (FB) viral soal aturan baru FB. Lalu, pengguna FB pun beramai memasang aturan itu di statusnya.

Status itu berbunyi,  'Jangan lupa besok mulai aturan Facebook baru di mana mereka dapat menggunakan foto Anda. Jangan lupa batas waktu hari ini! SAYA TIDAK MEMBERI IZIN FACEBOOK UNTUK MEMBAGIKAN APAPUN TENTANG YANG TELAH SAYA LETAK DI SITUS MEREKA,. FOTO, KIRIMAN SAAT INI ATAU LAMA, NOMOR TELEPON ATAU EMAIL.. TIDAK ADA YANG BISA DIGUNAKAN DALAM FORMULIR APAPUN TANPA IZIN SAYA'.

Ternyata viral pernyataan tersebut bukan hanya akhir-akhir ini melainkan juga pernah beredar di postingan Facebook pada  Juni 2020 lalu. Bahkan, sebelumnya pada tahun 2019 juga viral masalah ini.

Baca Juga: Cek Fakta Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya Air Jatuh ke Laut

Status itu mengenai peringatan untuk menuliskan sejumlah pernyataan pribadi lantaran disinyalir Facebook telah membuat aturan baru yang memungkinkan penggunaan data pribadi akun pengguna.

Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut sudah dibantah oleh pihak Facebook. Melalui kanal FBFactnya, pihak Facebook menyatakan bahwa pengguna Facebook memiliki semua konten dan informasi yang sudah diunggah di Facebook.

"Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu. Ketentuan kami sangat jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah," tulis Facebook pada kanal FBFact.

Baca Juga: Cek Fakta, Hydro Oxy Bisa Tangkal Virus Covid-19, Ini Penjelasan BPOM

Apakah pihak Facebook mengubah aturan privasi? Penelusuran kepada kebijakan data Facebook pun diketahui bahwa revisi terakhir dibuat pada 19 April 2018.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X