Korban Pinjaman Online di Indonesia Didominasi oleh Perempuan, ini Faktornya

- 5 Februari 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi Korban Pinjaman Online
Ilustrasi Korban Pinjaman Online /Pixabay/Geralt/

 

JURNAL SOREANG - Setelah dilanda Covid-19, banyak sebagian masyarakat yang terdampak akibat wabah tersebut dan membuat ekonomi mereka menjadi berkurang. Tidak hanya dari kalangan bawah saja, banyak dari kalangan atas yang juga ikut terdampak akibat wabah mematikan itu.

Dari Situ lah kesempatan bagi perusahaan Pinjaman online untuk kelabui masyarakat agar ingin meminjam sejumlah uang kepada Perusahaan mereka. Biasanya, mereka melabui dengan system yang sangat mudah untuk melakukan pinjaman, hingga pada akhirnya, banyak masyarakat yang tergoda untuk meminjam karena persyaratan yang sangat mudah.

Saking mudahnya system pinjaman online, membuat sebagian masyarakat tidak memikirkan cara untuk membayar pinjaman yang mereka pinjam. Karena mengingat ekonomi mereka yang sangat minim, mereka hanya tergoda dengan mudahnya system pinjaman online.

Baca Juga: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Juara Ganda Putra Thailand Masters 2023, Gelar Back to Back

Dari sebanyak 2.522 kasus pinjaman online pada tahun 2021, sebagian korbanya adalah perempuan. Hal tersebut dikatakan oleh Eko Novi Aryanti, selaku Pit. Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Berdasarkan data LBH Jakarta tahun 2021, dari 2.522 kasus pinjol, korbannya sebagian besar perempuan," kata Eko Novi Ariyanti saat dikutip Jurnal Soreang dari Antara pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per tahun 2021, jumlah pengguna pinjol didominasi oleh perempuan dibandingkan laki-laki, yaitu sebanyak 9.498.405 perempuan (54,95 persen) dan 7.785.569 laki-laki (45,05 persen). Novi menegaskan, salah satu faktor banyaknya wanita yang terjerat pinjaman online karena literasi finansial perempuan sangat rendah.

Baca Juga: Opini Fans Cerita Akhir One Piece, Nakama Harus Tahu Nih!

Halaman:

Editor: Adi Rahmatulloh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x