Ekosistem Kendaraan Listrik Jadi Strategi Besar Indonesia jadi Negara Maju, Ini Maksudnya

- 1 Februari 2023, 05:52 WIB
Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-8 dan Kopi Darat Nasional Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa malam, 31 Januari 2023.
Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-8 dan Kopi Darat Nasional Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa malam, 31 Januari 2023. /Rusman/biro pers setpres/

JURNAL SOREANG- Pemerintah tengah merancang strategi besar bagi Indonesia agar bisa melompat menjadi negara maju.

Indonesia tidak menjadi menjadi negara yang  terjebak pada negara berpendapatan menengah atau _middle income trap.

Strategi besar tersebut adalah dengan menciptakan ekosistem mobil listrik dan baterai kendaraan listrik (EV) sehingga negara lain memiliki ketergantungan kepada Indonesia.

Baca Juga: Wow! Pemerintah Targetkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik Mulai pada 2024, Ini Penjelasan Lengkapnya

Demikian disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-8 dan Kopi Darat Nasional Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa malam, 31 Januari 2023.

Presiden ingin menyatukan, mengintegrasikan yang namanya seluruh kekayaan alam ini menjadi satu barang yang nanti dibutuhkan, yang namanya EV baterai, litium baterai.

"Di situ ada komponen dari nikel, tembaga, timah, bauksit, dan semuanya harus kita satukan, kita integrasikan sehingga muncul nanti yang namanya EV baterai dan babak selanjutnya ekosistem yang lebih besar yang namanya mobil listrik yang ke depan mau tidak mau semua negara akan mencari barang ini," jelas Presiden.

Baca Juga: Gokil! Motor Listrik Asal India Ini Memiliki Desain Yang Keren Dengan Harga Terjangkau, Ini Penjelasanya

Presiden Jokowi menyadari  mengintegrasikan komponen-komponen baterai dan mobil listrik tidaklah mudah meskipun Indonesia memiliki hampir semua bahan yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x