LPPM ITB Serahkan Instalasi Minaponik Kepada Peserta Program Masjid Tani Asy Syamsi, Ini Manfaatnya

- 25 November 2022, 11:20 WIB
Program Urban Farming Masjid Tani Asy Syamsi Yayasan QuranBest Barokah yang telah berjalan sejak Januari 2022 mendapatkan dukungan dan bantuan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) melalui Program Desa Binaan.
Program Urban Farming Masjid Tani Asy Syamsi Yayasan QuranBest Barokah yang telah berjalan sejak Januari 2022 mendapatkan dukungan dan bantuan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) melalui Program Desa Binaan. /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Program Urban Farming Masjid Tani Asy Syamsi Yayasan QuranBest Barokah yang telah berjalan sejak Januari 2022 mendapatkan dukungan dan bantuan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) melalui Program Desa Binaan.

Dukungan dan bantuan berupa pelatihan dan pemberian paket instalasi minaponik sehingga bisa melakukan  budidaya ikan dan tanaman secara terpadu menggunakan media air.

Dengan menggunakan instalasi ini, maka peserta program dapat melakukan kegiatan budidaya ikan sekaligus tanaman terutama tanaman sayuran.

Baca Juga: Rayakan Hari Tani Nasional, EdenFarm: Harga Pangan dan Pendapatan Petani Masih Timpang

Air bersikulasi dari kolam ikan ke tanaman dan sebaliknya, nutrisi untuk tanaman disuplai dari air kolam ikan, sehingga tanaman yang dihasilkan bersifat organik.

Sedangkan tanamannya dapat menyaring dan mengurai senyawa-senyawa merugikan bagi ikan, terjadi simbiosis mutualisme.

Pihak LPPM ITB melihat bahwa Program Masjid Tani Asy Syamsi sudah berjalan baik dan berkesinambungan, programnya berjalan dan pesertanya aktif melakukan kegiatan urban farming, untuk itu layak untuk di-support.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Panen Perdana Padi Inovasi Tani di Ciherang, Ini Keutamaan Varietas Padi Ini

Pada Ahad 30 Oktober 2022 telah dilakukan serah terima paket instalasi minaponik dari LPPM ITB yang diwakili oleh Khoirul Muslim, Ph.D. kepada peserta Program Masjid Tani Asy Syamsi, sekaligus pemberian pembekalan pelatihan minaponik kepada peserta program.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x