Rayakan Hari Tani Nasional, EdenFarm: Harga Pangan dan Pendapatan Petani Masih Timpang

- 23 September 2022, 21:00 WIB
Dengan kemajuan teknologi bisa membantu kesejahteraan petani
Dengan kemajuan teknologi bisa membantu kesejahteraan petani /Istimewa /

JURNAL SOREANG- Sampai saat ini masih terjadi ketimpangan harga pangan dan pendapatan petani akibat rantai pasok yang tidak efisien, hasil produksi yang tidak konsisten dan harga yang tidak transparan.

Kondisi ini menyebabkan kesejahteraan petani sudah diwujudkan sehingga harus ada solusinya. 

Salah satunya dengan memakai solusi teknologi digital seperti yang dilakukan startup rantai pasok pangan B2B EdenFarm sejak tahun 2017.

Baca Juga: Anak Petani yang Jadi Penilai Buku Agama Ini Jadi Doktor di UIN Sunan Gunung Djati, Ini Prestasi Lainnya

Teknologi ini merupakan inisiasi dari para co-founders, David Setiyadi Gunawan (Chief Executive Officer), Ramavito Mountaino (Chief Financial Officer), dan Febrianto Gamal (Chief Operating Officer).

Feeding The Nation menjadi visi perusahaan, yang ditunjang dengan tiga misi utama yaitu melayani industri B2B (business-to-business) dengan ekosistem pangan berbasis teknologi, menciptakan pasar tanpa harga spekulatif, dan meningkatkan kesejahteraan para petani lokal.

"Saat ini EdenFarm telah bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau Jawa untuk memenuhi permintaan 50.000 pelanggan di segmen B2B. Harapan ke depannya kami dapat menjangkau lebih banyak lagi mitra petani dan membuka kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia," ujar Tyara Putri, Corporate Communications Manager EdenFarm.

Baca Juga: Perkebunan Negara Didesak untuk Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani

Pemberdayaan terhadap petani telah dilakukan oleh EdenFarm melalui berbagai pendampingan dan pelatihan, antara lain melalui Eden Teman Tani, dan  pelatihan rutin bagi para mitra tani di sekitar Eden Collection Facility (ECF).

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x