Naik Kelas Berkat Pendampingan dari BRI, Usaha Topeng Kayu Bobung Tembus Pasar Ekspor

- 5 Agustus 2022, 19:35 WIB
BRI membawa usaha topeng kayu untuk menembus pasar ekspor, dengan melakukan pemberdayaan, edukasi, hingga pendampingan usaha.
BRI membawa usaha topeng kayu untuk menembus pasar ekspor, dengan melakukan pemberdayaan, edukasi, hingga pendampingan usaha. /

JURNAL SOREANG – Di tengah arus modernisasi, tak banyak orang masih peduli dengan warisan budaya yang seharusnya dilestarikan.

Namun lain halnya bagu Aditya Pramana, pria asli Gunungkidul, Yogyakarta, yang terus merawat kelestarian warisan budaya melalui usaha Topeng Kayu Bobung.

Di balik keindahan alam dan keasrian Sambipitu, sebuah wilayah di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Aditya pun tergerak memberdayakan produk budaya Topeng Kayu Bobung. Ia sudah menjalankan usaha pembuatan Topeng Kayu Sambipitu sejak 3 tahun lalu.

Baca Juga: Lawan Borneo FC, Fitrul Resmi Ditinggal Tak dibawa Persib ke Samarinda

Awalnya, Aditya mengelola usaha ini dengan modal sendiri dan skala kecil. Dimulai dari penjualan secara lokal, kemudian Aditya memasarkan Topeng Kayu Bobung ke hotel dan rumah makan, serta aktif mengikuti beragam pameran.

Nama Aditya dan Topeng Kayu Bobung buatannya pun semakin dikenal hingga ke pasar Amerika sampai China. Hal tersebut membuat Aditya terus berkeinginan membawa usahanya untuk terus “naik kelas”.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang konsisiten menumbuhkembangkan UMKM, hadir dengan melakukan pemberdayaan, edukasi, hingga pendampingan usaha yang dibangun Aditya.

Kantor Cabang BRI Wonosari Gunungkidul membantu Aditya mengembangkan usahanya hingga memberikan penyaluran modal usaha.

Baca Juga: Jangan Salah! Berikut 6 Tips Cara Meningkatkan Hubungan Intim Pasangan Suami Istri, Bukan Dilakukan Tiap Hari

Halaman:

Editor: Handri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x