Laut Indonesia Jauh Lebih Luas daripada Vietnam, tapi Investasi dan Nilai Ekspor Perikanan Kalah Jauh

- 27 Januari 2022, 06:28 WIB
Ilustrasi nelayan. Laut Indonesia Jauh Lebih Luas daripada Vietnam, tapi Investasi Perikanan dan Nilai Ekspor Indonesia Kalah Jauh
Ilustrasi nelayan. Laut Indonesia Jauh Lebih Luas daripada Vietnam, tapi Investasi Perikanan dan Nilai Ekspor Indonesia Kalah Jauh /Humas Polres Kebumen/

JURNAL SOREANG- Wakil rakyat asal NTB, Johan Rosihan mengingatkan Menteri Kelautan dan Perikanan akan pentingnya peningkatan investasi sektor kelautan dan perikanan kita terutama ke arah peningkatan  nilai tambah untuk mendorong capaian pertumbuhan ekonomi yang besar.

Sebab Tahun 2021 ternyata realisasi investasi sektor kelautan dan perikanan hanya mencapai Rp 4,39 triliun, yang nilainya jauh lebih rendah dibanding investasi tahun 2020 yang mencapai Rp 6,2 triliun.

“Perlambatan investasi ini harus menjadi perhatian menteri dan seluruh jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena potensi ekonomi laut kita luar biasa”, kata Johan, Rabu 26 Januari 2022.

Baca Juga: Potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Perikanan Sangat Besar, Cuma Terhambat Illegal Fishing yang Marak

Dari sisi nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun 2021 baru sebesar USD 5,72 miliar. "Nasih kalah jauh dibanding negara Vietnam yang sudah mencapai USD 8,9 miliar padahal 30% dari total 70% perikanan di Asia Pasifik ada di Indonesia," katanya.

Banyaknya kasus penolakan produk ekspor perikanan Indonesia di negara lain seperti Amerika dan Eropa, kata Johan perlu disikapi KKP agar memperbaiki sertifikasi lolos standar serta sistem jaminan mutu.

“Prioritaskan berbagai fasilitas pengolahan ikan yang tersertifikasi dan konsistensi mulai dari menerima ikan, membersihkan sampai proses penyimpanan berlangsung sesuai standar mutu internasional”, urai Johan.

Baca Juga: Pungutan Bukan Pajak Kementerian Kelautan dan Perikanan Memberatkan Nelayan, Slamet: Harus Dikaji Ulang

Komoditas ekspor utama tahun 2021 adalah udang dengan nilai ekspor sebesar USD 2,23 miliar. Masukan penting buat KKP, ujar Johan terkait ekspor udang adalah bahwa kontribusi ekspor udang kita masih rendah dibandingkan kebutuhan udang oleh negara lain.

Halaman:

Editor: Sarnapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x